Senin, 18 Mar 2019 17:03 WIB

Klaim Hacker yang Kecewa vs Jaminan Keamanan Bukapalak

Kris Fathoni W - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: ilustrasi: Zaki Alfarabi Foto: ilustrasi: Zaki Alfarabi
Jakarta - Seorang hacker mengklaim sudah "menggerayangi" sejumlah situs, termasuk di antaranya Bukalapak, dan menjual data pengguna. Bukalapak menjamin tidak demikian.

Adalah hacker bernama Gnosticaplayers asal Pakistan, yang mengklaim bahwa dirinya sudah menjual jutaan data akun situs populer hasil curiannya di dark web.

Masih menurut klaim Gnosticaplayers, dirinya sudah berhasil meretas 890 juta akun dari 32 situs beberapa waktu lalu. Dia kemudian menjual data curiannya tersebut dalam beberapa putaran.

Gnosticaplayers menjual data hasil retasannya itu secara eceran di situs Dream Market. Bila ditotal nilainya 1, 2431 bitcoin atau senilai USD 5.000. Jika dikonversi, nilainya mencapai sekitar Rp 72 juta.

Dari daftar situs yang dikabarkan sudah "digerayangi" aksi Gnosticaplayers, muncullah nama Bukalapak. Sang hacker mengklaim punya 13 juta akun yang dicuri dari salah satu situs e-Commerce populer Indonesia tersebut.




Hacker yang Kecewa

Lewat wawancara dengan ZDNet, Gnosticaplayers bicara lebih jauh mengenai aksinya meretas sejumlah situs. Pada dasarnya, ia mengaku kecewa.

Disebutkan oleh dirinya sendiri, aksi menggerayangi sejumlah situs tersebut adalah karena merasa perusahaan yang dibobolnya sudah gagal melindungi password dengan algoritma penyandian kuat.

"Aku merasa kecewa karena kurasa tak seorang pun belajar. Aku hanya merasa kecewa di saat sekarang ini, karena kurangnya keamanan di 2019 membuatku marah," tulisnya.

Dikatakannya pula, aksi peretasan itu sejumlah besar ia lakukan pada Februari 2019. Tak semua data curian yang didapatkan lantas ia jual, karena ada perusahaan korbannya yang rela membayar agar datanya dikembalikan.

"Aku mencapai kesepakatan dengan beberapa perusahaan, startup yang cemas itu tidak akan melihat datanya dijual," ucapnya.




---

Halaman berikutnya: Pernyataan Bukalapak


(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed