Jumat, 05 Okt 2018 14:00 WIB

Begini Reaksi Keras Apple soal Laporan Servernya Disusupi China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Apple bereaksi keras terhadap laporan servernya disusupi China (Foto: Gettyimages - Spencer Platt) Apple bereaksi keras terhadap laporan servernya disusupi China (Foto: Gettyimages - Spencer Platt)
Jakarta - Apple kembali angkat bicara soal laporan yang menyebutkan data center iCloud-nya disusupi chip mata-mata China.

Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat itu mengaku kecewa pada pemberitaan Bloomberg yang tak mau memikirkan adanya kemungkinan kalau bisa saja sumbernya salah dalam memberi informasi, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (5/10/2018).

"Apple sangat kecewa dengan perlakuan mereka pada kami, reporter Bloomberg tidak terbuka pada kemungkinan jika mereka atau sumbernya mungkin saja salah," tulis Apple.

"Tebakan kami adalah mereka mungkin tertukar dengan berita sebelumnya mengenai insiden pada 2016 di mana kami menemukan adanya driver yang terinfeksi pada sebuah server Super Micro di dalam laboratorium kami."

"Ini adalah satu insiden yang kemudian diketahui sebagai sebuah kecelakaan dan bukanlah sebuah serangan terhadap Apple," lanjut pernyataan Apple tersebut.

Selain pernyataan dari Apple ini, ada juga pernyataan dari seorang sumber AppleInsider yang juga mengomentari laporan Bloomberg tersebut. Dalam pernyataan tersebut dikatakan kalau tuduhan adanya serangan itu adalah sebuah informasi yang sangat salah.


Seperti diberitakan sebelumnya, Bloomberg menurunkan laporan yang menyebut perangkat keras yang dipakai di data center Apple dan Amazon disebut disusupi oleh chip mata-mata yang dibuat oleh perusahaan asal China bernama Super Micro.

Ada hampir 30 perusahaan asal Amerika Serikat yang diduga disusupi oleh chip ini. Berdasarkan sumber anonim dari pemerintahan dan perusahaan, chip ini berfungsi untuk mencuri properti intelektual dan rahasia perusahaan ini. (asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed