Selasa, 19 Sep 2017 19:45 WIB

Awas! CCleaner Ternyata Disusupi Malware

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: internet Ilustrasi. Foto: internet
Jakarta - Popularitas CCleaner yang terbilang tinggi ternyata dimanfaatkan hacker untuk menyusupkan malware ke dalam software pembersih buatan Avast tersebut.

Hal ini pertama ditemukan oleh peneliti keamanan dari Cisco Talos, yang menyatakan kalau ada hacker yang menjebol keamanan software tersebut dan menyusupkan malware. Malware tersebut diduga sudah tersebar ke jutaan pengguna CCleaner, dari total dua miliar pengguna yang sudah mengunduh CCleaner.

Peneliti keamanan tersebut menyebut si hacker menjebol server download yang digunakan Avast untuk menyusupkan malware ke CCleaner, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (19/9/2017).

"Selama jangka waktu tertentu, CCleaner resmi versi 5.33 yang didistribusikan oleh Avast mengandung malware multi stage yang berada di atas instalasi CCleaner," jelas tim peneliti keamanan di Cisco.

Si hacker secara garis besar mengeksploitasi kepercayaan dari para pengguna terhadap perusahaan keamanan seperti Avast. Sehingga mereka merasa sedang menginstal aplikasi keamanan namun mereka malah mengunduh dan menginstal malware di komputer mereka.

Avast sudah memastikan telah melindungi penggunanya dari aksi jahat malware tersebut. Menurut mereka, ada 2,27 juta pengguna yang terdampak dari serangan malware ini.

"Para pengguna kini sudah aman dan hasil investigasi menunjukkan kalau kami bisa mematikan ancaman tersebut sebelum bisa melakukan hal buruk," tulis Avast dalam keterangannya. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed