BERITA TERBARU
Selasa, 08 Agu 2017 15:04 WIB

Penakluk WannaCry Dibebaskan dari Penjara, Tapi…

Fino Yurio Kristo - detikInet
Marcus Hutchins. Foto: Mirror Marcus Hutchins. Foto: Mirror
Las Vegas - Mendekam beberapa hari di penjara, Marcus Hutchins akhirnya dibebaskan. Tapi bukan kebebasan penuh melainkan cuma sementara dan ia segera menjalani hari-harinya menjalani proses hukum di pengadilan.

Juru bicara penjara di mana Marcus ditahan, Kayla Gieni, membenarkan kalau Marcus sudah keluar dari sana. Dikutip detikINET dari Telegraph, dia akan muncul di pengadilan Milwaukee di mana dia didakwa ikut terlibat membuat malware bernama Kronos yang berbahaya karena dapat mencuri data keuangan.

Jaksa penuntut menyatakan Marcus sudah mengakui membuat kode Kronos. Tapi ia juga mengaku tidak bersalah dan pengacaranya, Adrian Lobo, akan melawan dakwaan yang ditimpakan kepadanya.

Karena cuma bebas bersyarat, banyak larangan yang ditimpakan pada Marcus. Yakni tidak bisa mengakses internet, tidak boleh membawa paspor dan dimonitor dengan perangkat GPS.

Keluarga dan teman-temannya yang yakin Marcus tidak bersalah mencoba mengumpulkan uang sebesar USD 30 ribu untuk menjamin kebebasannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Marcus ditangkap di bandara Las Vegas setelah mengikuti konferensi hacker di kota itu. Dia bermaksud pulang ke negaranya Inggris tapi keburu diciduk oleh FBI.

"Kasus ini sangat problematis dan kukira aneh pemerintah AS menahan seseorang yang adalah pahlawan mereka dalam serangan WannaCry dan bepotensi telah menyelamatkan ribuan atau kalau tidak jutaan dolar," sebut pakar hukum Siber, Tor Ekeland.

Robin Edgar, hacker yang mengenal baik Marcus merasa kecewa. "Kami merasa kecewa karena dia seperti diculik oleh FBI di bandara. Dia menghilang sepenuhnya selama seharian dan tak bisa ditemukan," kata Edgar.

Belum lama ini, Marcus dianggap pahlawan setelah menemukan cara menghentikan penyebaran ransomware WannaCry sehingga tak menimbulkan lebih banyak korban. Ia menyerahkan informasi cara menaklukkan WannaCry pada FBI. Tapi ironisnya, saat ini dia malah jadi pesakitan karena ditangkap FBI. (fyk/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed