Chang'e China Temukan Besi di Bulan, Salip Misi Apollo

Chang'e China Temukan Besi di Bulan, Salip Misi Apollo

Kamis, 12 Jan 2023 12:34 WIB
Gambar ini menunjukkan probe bulan Change-5 mengumpulkan sampel di bulan, yang kini telah kembali dengan selamat ke Bumi (AFP Photo)
Chang'e-5 mengumpulkan sampel di Bulan. Misi Chang'e-5 saat ini telah kembali dengan selamat ke Bumi. Foto: AFP Photo

Sampel dari permukaan Bulan yang dikembalikan oleh misi Chang'e-5 China, mengungkapkan keberadaan kandungan besi yang melimpah dalam keadaan oksidasi +3.

Ilmuwan yang mempelajari sampel percaya bahwa mikrometeorit sedang mengubah kimiawi permukaan Bulan, mengubah Fe 2+ menjadi campuran logam tak bermuatan dan Fe 3+.

Besi terkenal karena tingkat oksidasinya yang luas, dari -2 hingga +7. Namun di Bumi, yang paling umum adalah +2, dan +3, masing-masing dikenal sebagai ferrous dan ferric. Namun, sampel yang dikembalikan oleh misi Apollo sebagian besar mengandung besi besi atau logam (Fe 0 ).

Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa permukaan Bulan, dan mungkin bagian dalamnya, sangat tereduksi (menyebabkan zat lain memperoleh elektron), dengan implikasi penting bagi pemahaman kita tentang kimia di Bulan.

Misi Chang'e-5 melakukan sesuatu yang sangat mirip dalam 50 tahun setelah misi Apollo. Dalam Astronomi Alam, studi sampel yang dikembalikan oleh misi Chang'e-5 mengungkapkan banyak kandungan besi yang tidak ditemukan Apollo.

Chang'e-5 dikirim ke salah satu bagian termuda dari permukaan Bulan, tepatnya area yang aktif secara vulkanik kurang dari dua miliar tahun yang lalu.

Di sana, ia mengumpulkan partikel lelehan aglutinat (gumpalan bahan yang telah melekat) sekitar sepersepuluh milimeter, yang menurut laporan mengandung ferric iron dalam jumlah melimpah, lebih dari 40% ion terionisasi adalah besi.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan dari mana Fe 3+ berasal. Beberapa upaya untuk menjelaskan sejumlah kecil ferric iron dalam sampel Apollo telah memperkirakan hidrogen atau karbon monoksida.

Keduanya dapat bereaksi dengan besi untuk menghasilkan Fe 3+. Informasi lain yang didapat dari sampel ini merujuk pada efek atom oksigen yang terkelupas dari atmosfer Bumi.

Penulis utama studi, Profesor Xu Yigang dari Guangzhou Institute of Geochemistry menyebutkan ada satu petunjuk yang membantu menjelaskan kandungan besi yang ditemukan di sini, dan mungkin jumlah yang jauh lebih kecil yang terdeteksi sebelumnya.

"Sebagai benda tanpa udara, Bulan mengalami pelapukan luar angkasa akibat radiasi angin Matahari dan dampak mikrometeoroid," kata para penulis seperti dikutip dari IFL Science.

Lelehan menunjukkan tanda-tanda terkena mikrometeoroid, dan penulis memperkirakan bahwa ini menyebabkan redistribusi muatan, dengan Fe 2+ diubah menjadi campuran Fe 0 dan Fe 3+, kemungkinan dengan penambahan beberapa elektron dari tempat lain.

Bahkan meteorit kecil dapat menghasilkan banyak panas jika tidak ada gesekan atmosfer yang memperlambatnya. Pengumpulan partikel logam besi menunjukkan energi dampak meteorit menaikkan suhu di kaca di atas 1.524 derajat Celcius. Para peneliti tidak yakin apakah muatan tersebut 'diatur ulang' saat material dicairkan, atau selama pendinginan pasca guncangan.

Simak Video "China Kebut Fase Keempat Proyek Eksplorasi Bulan"