Sains Punya Formula untuk Prediksi Seberapa Lama Makhluk Bertahan Hidup

Sains Punya Formula untuk Prediksi Seberapa Lama Makhluk Bertahan Hidup

ADVERTISEMENT

Sains Punya Formula untuk Prediksi Seberapa Lama Makhluk Bertahan Hidup

tim detikINET - detikInet
Minggu, 27 Nov 2022 19:15 WIB
Ilustrasi jenazah
Sains mungkin bisa memperkirakan seberapa lama makhluk akan bertahan hidup. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sains memiliki formula tersendiri untuk mengetahui kapan sesuatu menyentuh batas umurnya. Segala sesuatu yang bernyawa pasti akan merasakan kematian, itu yang kita pelajari selama ini dan benar adanya.

Melansir NPR, sains punya hukumnya sendiri. Salah satu contohnya adalah makhluk yang berukuran kecil akan memiliki umur yang lebih pendek ketimbang makhluk yang lebih besar ukurannya.

Pada studi 2007 yang mengecek 700 lebih tanaman, ditemukan bahwa ukuran bisa memprediksi rentang hidup dengan cukup akurat.

"Ini bersifat universal. Ini melintasi desain organisme. Ini berlaku untuk saya, semua mamalia, dan pohon-pohon yang ada di luar sana, meskipun desain kami sama sekali berbeda," ujar fisikawan Geoffrey West.

Dengan kata lain, ukuran mamalia, atau organisme apa pun, dapat memberi tahu berapa lama ia akan hidup, berapa banyak anak yang harus ia miliki, hingga bagaimana oksigen berdifusi melintasi paru-parunya. Ukuran juga memprediksi sistem peredaran darah, bagaimana darah mengalir, seberapa cepat itu akan bertumbuh, dan sebagainya.

Akan tetapi formula ini tidak berlaku untuk individu. Perkiraan ini bisa dilakukan hanya untuk kelompok. Rumusnya adalah massa tumbuhan atau hewan, dan laju metabolismenya sama dengan massa-nya yang diambil dengan pangkat tiga perempat.

Kendati demikian, apa yang dikatakan oleh West ternyata menimbulkan konflik di antara para peneliti. Tidak semua setuju dengan apa yang diutarakan oleh West.

Menurut mereka yang tidak setuju, ada faktor lain yang bisa mempengaruhi seberapa cepat makhluk akan berpulang. Di antaranya penyakit, gaya hidup dan pola makan. Tapi kembali lagi, tidak ada yang tahu dengan pasti tentang datangnya masa depan. Kalau sudah waktunya berpulang, pasti berpulang.



Simak Video "Momen saat Meteor Terbang Melintasi Langit Alaska"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT