Ngeri, Kisah Sejenis Sekte Apokaliptik di Film Dokumenter Netflix

ADVERTISEMENT

Ngeri, Kisah Sejenis Sekte Apokaliptik di Film Dokumenter Netflix

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 17 Nov 2022 15:15 WIB
Concept image of the earth Slowly Burning with pollution, showing North central and south america. Earth based on Nasa image.
Sekte Hari Kiamat ternyata juga pernah dibuat dokumenternya oleh Netflix dalam tiga episode. Foto: iStock
Jakarta -

Sekte apokaliptik ramai dibahas di linimasa. Apalagi semenjak kriminolog UI Adrianus Meliala mengungkapkan analisisnya soal dugaan sekeluarga di Kalideres menganut sekte apokaliptik.

Dijelaskan olehnya orang dengan kecenderungan apokaliptikal punya pemikiran ingin mati, ingin segera meninggalkan dunia, ingin segera sampai ke nirwana.

"Begitulah kurang lebih yang mungkin saja dialami oleh mereka," kata Adrianus seperti dikutip dari detikNews.

"Sejumlah kasus serupa ditemukan di beberapa negara. Kasus itu memiliki benang merah dan berkaitan dengan sekte apokaliptik," tambahnya.

Sebenarnya, ada sejumlah kasus yang sejenis. Salah satunya yang sedang ramai diperbincangkan juga adalah film dokumenter Netflix 'Sins of Our Mother'.

'Sins of Our Mother' adalah kisah dari Lori Vallow Daybell yang ditunjuk menjadi dalang kematian dua anak kandungnya sendiri, bekerjasama dengan suami ke-5 dia yakni Chad Daybell. Chad adalah pemimpin sebuah sekte sesat yang mempercayai hari akhir sudah dekat.

Melansir Women's Health, dari series dokumenter dengan tiga episode ini, diungkap fakta-fakta aneh seputar kepercayaan Lori dan sang suami. Lori meyakini bahwa Chad bisa melihat arwah baik dan jahat juga 'zombie'.

[Gambas:Youtube]



Kejahatan Lori dan Chad

Dua anak Lori yang masih kecil, Tylee dan JJ, keduanya hilang pada September 2019. Pada saat itu, Lori memberi tahu orang-orang bahwa Tylee berada di Brigham Young University-Idaho, sementara JJ ikut homeschooling.

Namun kakek-nenek JJ panik ketika mereka tidak dapat menemukan JJ atau Tylee. Ketika coba dihubungi, Lori dan Chad malah memilih melanjutkan persembunyian mereka.

Polisi segera terlibat dan meminta Lori membawa anak-anaknya ke pihak berwenang untuk membuktikan bahwa mereka ada di tangan yang aman pada Januari 2020. Tetapi sebulan kemudian, anak-anak itu masih hilang, sedangkan Lori dan Chad berada di Hawaii.

Pada Juni 2020, sisa-sisa kedua anak ditemukan di properti Chad di Idaho. Pihak berwenang menuduh anak-anak tersebut telah dibunuh oleh pasangan itu pada September 2019. Mereka didakwa dengan pembunuhan tingkat pertama dan konspirasi dalam kematian anak-anak Lori pada tahun 2021.



Simak Video "Asal-usul Kode Genre Rahasia Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT