5 Peradaban Maju Zaman Dulu yang Hilang Misterius

5 Peradaban Maju Zaman Dulu yang Hilang Misterius

ADVERTISEMENT

5 Peradaban Maju Zaman Dulu yang Hilang Misterius

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 21 Okt 2022 05:46 WIB
Reruntuhan suku Maya di Kota Tikal
Sisa Peradaban Maya. Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Pada zaman dahulu, ada berbagai peradaban maju di berbagai wilayah dunia. Akan tetapi sebagian di antaranya hilang misterius. Ini di antaranya seperti dikutip detikINET dari History, Jumat (21/10/2022):

Peradaban Maya

Peradaban Maya membangun perkotaan yang indah di hutan selatan Meksiko dan Amerika Tengah, lengkap dengan istana, kuil berbentuk piramida dan lainnya. Mereka dikenal akan tulisan hieroglypich, mengenal kalender, matematika dan astronomi.

Peradaban ini mencapai puncak pengaruhnya dari sekitar tahun 250 sampai 900. Namun di akhir periode itu, warga mendadak menggulingkan rajanya, meninggalkan kota dan lenyap. Banyak teori sudah dikemukakan soal hilangnya Peradaban Maya, dari kekeringan, penyakit menular sampai pemberontakan masyarakat.

Peradaban Indus

Peradaban Indus dimulai di wilayah yang saat ini India dan Pakistan, sekitar 8.000 tahun silam, membuatnya salah satu peradaban paling awal. Pada millenium ketiga sebelum masehi, wilayahnya sangat luas dan mencakup sekitar 10% populasi dunia. Mereka punya sistem tulisan dan sanitasi yang baik.

Pada tahun 1900 sebelum masehi, warga Indus mendadak meninggalkan wilayahnya dan bermigrasi. Awalnya diyakini penyebabnya adalah invasi bangsa Aryan. Namun dalam riset terkini, kemungkinan ada gangguan cuaca yang parah yang mengakibatkan pertanian gagal. Faktor lain adalah gempa Bumi atau wabah penyakit.

Peradaban Anasazi

Di wilayah yang kini Amerika Serikat, peradaban Anasazi membangun tempat tinggalnya di tebing pada abad ke-12 dan 13, sebagian dengan ratusan kamar. Namun mereka tidak berada di sana terlalu lama. Kota dari batu itu ditinggalkan.

Periset menemukan tanda kanibal dan pembunuhan massal, juga masalah air, deforestasi sampai kekeringan panjang. Mungkin juga ada pertikaian terkait agama. Peradaban Anasazi yang termasuk peradaban maju hilang pada sekitar tahun 1300.

Halaman selanjutnya: Peradaban Pulau Paskah >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT