Legenda El Dorado, Kota Penuh Emas yang Misterius

Legenda El Dorado, Kota Penuh Emas yang Misterius

ADVERTISEMENT

Legenda El Dorado, Kota Penuh Emas yang Misterius

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 14 Okt 2022 05:45 WIB
Ilustrasi El Dorado
Legenda El Dorado, Kota Penuh Emas yang Misterius (Foto: Getty Images)
Jakarta -

El Dorado adalah salah satu kota legendaris dan misterius yang terkenal. Betapa tidak, konon kota ini kaya akan emas. Pertama kali kisah mengenai kota ini dilaporkan di Eropa pada abad ke-16 dan 17 silam.

Dikutip detikINET dari Live Science, Jumat (13/10/2022) lokasinya konon berada di Amerika Selatan. Tak sedikit petualang dan pemburu harta karun berusaha mencarinya, tapi belum pernah ditemukan bukti eksistensinya.

Menurut jurnal The Historian, El Dorado bukan suatu tempat spesifik, melainkan kombinasi dari beberapa mitos. Bahkan ada yang mengisahkan El Dorado sebenarnya sosok pria, ada pula yang menyebutnya lembah atau danau.

Menurut BBC, pada tahun 1800-an pun, legenda El Dorado sudah berusia 3 abad. Baik asal muasalnya maupun apakah kota berlimpah emas ini benar-benar ada masih diperdebatkan.

Salah satu kisah terkenal mengenai asal El Dorado diceritakan dalam tulisan pastur Juan de Castellanos mengenai sejarah Spanyol di Amerika, kemungkinan ditulis di 1570.

Kisahnya berkaitan dengan kepala suku Muisca yang tinggal di dataran tinggi, di area Andes. Sekali setahun, sang kepala suku akan menyelimuti seluruh badannya dengan debu emas. Inilah asal muasal nama El Dorado yang artinya The Golden One atau Si Emas.

Menurut Castellanos, dia lalu membawa tongkang ke tengah danau. Para warga memandangnya, berseru dan bernyanyi, saat dia mempersembahkan emas dan zamrud ke danau. Kemudian dia menyelam, sebuah sinyal untuk memulai festival.

Tidak ada orang yang pernah melihat ritual semacam itu. Katanya, ritual itu tidak dilanjutkan sekitar 40 tahun sebelum kedatangan bangsa Spanyol.

Halaman selanjutnya: Pencarian El Dorado >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT