Gambar 3D Jupiter Tunjukkan Awan Aneh Melingkar-lingkar

Gambar 3D Jupiter Tunjukkan Awan Aneh Melingkar-lingkar

ADVERTISEMENT

Gambar 3D Jupiter Tunjukkan Awan Aneh Melingkar-lingkar

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 06:55 WIB
Jupiter
Gambar 3D Jupiter Tampilkan Awan Cantik Melingkar-lingkar. Foto: NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt
Jakarta -

Jupiter selalu tampak menakjubkan dalam bidikan kamera. Berbagai gambar Jupiter kerap menampilkan planet gas raksasa ini dilingkupi awan yang berputar-putar dan pita (cloud band) Jupiter yang berwarna cantik.

Sekelompok tim ilmuwan ingin tahu seperti apa awan liar Jupiter jika dilihat dari kedalamannya. Jadi, mereka membuat gambar 3D yang indah dengan bantuan pesawat ruang angkasa Juno milik NASA.

Gerald Eichstadt pemimpin proyek animasi ini, dengan mengandalkan data dari pesawat ruang angkasa JunoCam, membuat peta elevasi digital puncak awan, yang menghasilkan gambar menakjubkan dan animasi yang membuatnya terlihat seperti cupcake beku.

"Misi Juno memberi kita kesempatan untuk mengamati Jupiter dengan cara yang pada dasarnya tidak dapat diakses oleh pengamatan teleskopik berbasis Bumi," kata Eichstadt dikutip dari Cnet.

"Kita dapat melihat fitur awan yang sama dari sudut yang sangat berbeda hanya dalam beberapa menit," tambahnya.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pertama kali pada 21 September 2022 ini lebih dari sekadar gambar-gambar cantik. Tim mengatakan, model digital ini juga dapat membantu para ilmuwan menyempurnakan pemahaman mereka tentang komposisi kimia awan.

"Video tersebut membantu kita memikirkan Jupiter bukan hanya sebagai marmer halus yang tergantung di kegelapan ruang angkasa, tetapi sebagai planet dengan lapisan dan kedalaman," kata Eichstadt lagi.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "NASA Sebut Jupiter Bisa Jadi Bintang Jika Ukurannya 80 Kali Lebih Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT