Ilmuwan Klaim Hantaman Meteor Raksasa Membentuk Benua di Bumi

Ilmuwan Klaim Hantaman Meteor Raksasa Membentuk Benua di Bumi

Jumat, 19 Agu 2022 06:45 WIB
Cara mudah belajar tentang Bumi bulat dari rumah aja.
Ilmuwan Klaim Hantaman Meteor Raksasa Membentuk Benua di Bumi. Foto: Google

Jenis data baru mendukung teori bahwa benua di Bumi terbentuk ketika sebuah meteor besar bertabrakan dengan planet kita di masa lalu.

Bukti terbesar tentang bagaimana benua Bumi pertama kali terbentuk telah ditemukan oleh para peneliti, dan ini konsisten dengan kepercayaan yang telah lama dipegang.

Menurut sebuah penelitian dari tim peneliti Curtin University di Australia, hantaman meteorit, yang secara substansial lebih umum di masa lalu sejarah Tata Surya, mungkin telah menciptakan benua Bumi di tempat mereka.

Saat ini, tujuh benua yang membentuk Bumi merupakan kurang dari 30% dari daratan planet, dengan 70% sisanya adalah air. Geografi dan medan yang ada di planet ini adalah konsekuensi dari aktivitas tektonik lempeng dan kerak selama jutaan tahun, yang telah menjadi penyebab evolusi regional.

"Kami menemukan bukti dampak meteorit yang sangat besar ini dengan memeriksa kristal mikroskopis dari mineral zirkon di bebatuan Pilbara Craton Australia Barat, yang mencerminkan sisa-sisa terbaik kerak tua di Bumi," kata Tim Johnson, ahli geologi di Curtin University dan penulis utama studi ini, dikutip dari Mashable.

"Temuan kami menunjukkan bahwa mekanisme yang pada akhirnya memunculkan benua dimulai dengan meteorit besar berdampak miliaran tahun sebelum semua yang membunuh dinosaurus," dia menambahkan.

Bagaimanapun, diperlukan penelitian lanjutan untuk menelaahnya. Johnson dan timnya berencana untuk terus melihat batuan tua di daerah yang sebanding dengan Pilbara Craton untuk melihat apakah hasil ini diadaptasi di seluruh planet Bumi.

Simak Video "Meksiko Diguncang Gempa M 7,6, Warga Berhamburan!"
(rns/afr)