5 Alasan Kenapa Paus Bisa Terdampar di Pantai

ADVERTISEMENT

5 Alasan Kenapa Paus Bisa Terdampar di Pantai

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 13:50 WIB
Foto udara petugas BPBD melakukan evakuasi seekor Paus Sperma (physeter macrocephalus) yang mati terdampar di Pantai Warudoyong, Bulusan, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (3/8/2022). Untuk mempermudah proses evakuasi petugas melakukan pemotongan bagian paus dan mengubur di tepi pantai karena bangkai paus sudah mulai membusuk.  ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.
5 Alasan Kenapa Paus Bisa Terdampar di Pantai. Foto: ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA
Jakarta -

Paus sperma yang terdampar di Banyuwangi menarik perhatian publik. Sempat coba dibantu untuk kembali berenang ke tengah laut, sayangnya makhluk berukuran raksasa itu tak tertolong dan mati.

Seperti hewan pada umumnya, paus juga memanfaatkan medan magnet Bumi sebagai navigasi untuk menentukan habitat yang sesuai dengannya. Namun akhir-akhir ini, banyak paus terdampar di pantai dan akhirnya mati.

Sebenarnya apa alasan paus bisa terdampar? Setidaknya ada lima alasan kenapa paus bisa terdampar di pantai, seperti dikutip dari National Geographic, Kamis (4/8/2022):

1. Topografi

Topografi pesisir dan daerah pasang surut membuat beberapa daerah menjadi perangkap mamalia laut. Terdampar massal sering terjadi di tempat-tempat seperti Farewell Spit di Selandia Baru, garis pantai Laut Utara, dan Cape Cod di Amerika Serikat bagian timur.

Nick Davison, tim koordinator penyelamatan hewan terdampar di Scottish Marine Animal Stranding Schemeu menjelaskan bahwa wilayah ini terlalu dangkal bagi paus untuk bernavigasi, mengingat kemampuan ekolokasi dirancang untuk wilayah air dalam.

Selain itu, selama siklus pasang surut, air dapat surut beberapa kilometer hanya dalam beberapa menit, yang berarti beberapa hewan laut dapat tertangkap tanpa sempat pindah ke laut dalam.

Daren Grover dari Project Jonah menjelaskan bahwa jika hewan tidak menyadari bahwa mereka bergerak ke perairan yang lebih dangkal, hal itu dapat menyebabkan masalah saat air pasang berubah. "Airnya akan turun begitu saja. Mereka dibiarkan tinggi dan kering," ujarnya.

2. Penyebab alami

Dan Jarvis, petugas penyelamatan hewan di British Divers Marine Life Rescue menyebutkan, seekor paus yang terdampar bisa sakit atau terluka, pikun, tersesat, tidak dapat makan, atau mengalami gangguan kesehatan.

Hewan yang lemah ini mungkin hanyut mengikuti arus sampai mereka dibawa ke darat, sedangkan hewan yang mengalami disorientasi arah dapat secara tidak sengaja mengembara ke perairan yang lebih dangkal.

Aktivitas berburu makanan juga dapat mendorong hewan dengan sendirinya mendekati pantai. Ini berlaku untuk pemangsa maupun mangsa. Grover mengingat memberi contoh, kadang-kadang mereka bisa salah perhitungan dan harus menunggu sampai gelombang yang cukup besar menghanyutkan mereka kembali ke laut.

Selanjutnya: 3 alasan lainnya kenapa paus bisa terdampar di pantai >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT