Gigi Megalodon Ditemukan, Hiu Monster Penguasa Lautan

Gigi Megalodon Ditemukan, Hiu Monster Penguasa Lautan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 13 Mei 2022 05:45 WIB
Gigi hiu megalodon
Gigi hiu megalodon. Foto: BBC
Jakarta -

Seorang bocah berusia 6 tahun menemukan fosil gigi hiu monster yang hidup di masa pra sejarah dan menguasai samudera ketika itu. Hiu dimaksud adalah megalodon yang hidup sekitar 20 juta tahun yang lalu.

Bocah bernama Sammy Shelton itu menemukannya di pantai Bawdsey di Suffolk, Inggris, saat liburan. Pakar telah memastikan bahwa gigi itu milik megalodon, hiu terbesar yang pernah hidup di muka Bumi.

Sammy dan ayahnya Peter Shelton memang sedang iseng-iseng mencari peninggalan purba di pantai itu. Tak dinyana, sang anak menjumpai gigi megalodon yang ukurannya sekitar 10 cm.

"Sammy merasa sangat senang karena kami melihat gigi hiu itu di pantai, tapi sangat besar dan berat," kata sang ayah yang dikutip detikINET dari BBC.

the meg megalodonIlustrasi megalodon Foto: Istimewa

Temuan itu dilaporkan pada Profesor Garrod, pakar biologi di University of East Anglia. "Gigi ini milik megalodon, hiu terbesar sepanjang masa dan giginya tak sering ditemukan di Inggris," kata dia.

"Mungkin hanya beberapa kali, tapi gigi megalodon ini contoh yang bagus, kondisinya sangat bagus, karena biasanya keadaannya sudah cukup rusak ketika ditemukan," tambah dia.

Megalodon sendiri pada masa hidupnya bisa tumbuh sampai sepanjang 18 meter dan beratnya bisa tembus 60 ton. Mereka adalah penguasa lautan dan senang memakan paus. Habitatnya diperkirakan di berbagai belahan dunia.

Megalodon artinya adalah gigi besar dan hiu ini menurut ilmuwan punah pada sekitar 3 juta tahun yang lalu. Pada masa silam itu, megalodon kemungkinan sangat besar populasinya. Tandanya adalah, fosil binatang ini ditemukan di banyak tempat di berbagai belahan dunia.



Simak Video "Cerita 'Hantu Gelap' Gigi Hiu di Sukabumi yang Kini Banyak Diburu"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)