Teh yang Anda Minum Mengandung DNA Ratusan Spesies Serangga

Teh yang Anda Minum Mengandung DNA Ratusan Spesies Serangga

Jumat, 22 Jul 2022 12:30 WIB
Cara Membuat Minuman Teh Menggunakan Kantong Teh
DNA Ratusan Spesies Serangga Ada di Teh yang Kalian Minum. Foto: Getty Images/iStockphoto

Andaikan daun di dalam kantong teh bisa menceritakan kisah mereka, mungkin mereka akan bercerita banyak tiada habisnya tentang lebah yang mendarat di tubuh mereka saat menyerbuki bunga, atau ulat yang mengunyahnya dan membangun kepompong, hingga laba-laba yang menambatkan jaring pada mereka.

Tetapi banyak dari hubungan antara tumbuhan dan hewan tidak terdokumentasikan. Karenanya, membuat katalog setiap hewan yang memakan atau menyerbuki tanaman tertentu dapat menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

"Ada interaksi yang sangat, sangat spesifik, dan interaksi yang sangat samar yang hanya sedikit kita ketahui karena pada dasarnya tidak ada yang berusaha mempelajari ini sebelumnya," kata Henrik Krehenwinkel, ahli genetika ekologi di University of Trier, dikutip dari Smithsonian Magazine, Jumat (22/7/2022).

Krehenwinkel memimpin tim ilmuwan yang menemukan cara baru untuk mengungkap beberapa interaksi antara tumbuhan dan hewan. Mereka membeli teh dan jamu dari toko kelontong dan menguji daun kering dan kemasan untuk sisa-sisa DNA yang sangat kecil, sebuah metode yang disebut analisis DNA lingkungan atau eDNA.

Dalam studi terbaru mereka yang diterbitkan dalam Biology Letters, tim menemukan jejak lebih dari 1.200 spesies artropoda yang berbeda dari analisis mereka hanya pada empat tanaman: chamomile, mint, teh, dan peterseli.

Metode ini dapat diterapkan pada tanaman kering apa pun, menjadikannya alat yang berpotensi sangat berharga untuk memantau spesies serangga yang terancam punah dan melacak penyebaran hama tanaman.

Para peneliti memilih teh dan herbal untuk studi eDNA mereka karena produk komersial yang dibuat darinya termasuk daun yang telah dihancurkan dan dikeringkan.

"Dalam sampel seperti kopi, yang sangat banyak diproses, Anda mungkin hanya menemukan sedikit DNA tersisa. Jadi kami mencoba hal-hal yang sealami mungkin," kata Krehenwinkel.

Para ilmuwan menjelajahi rak-rak di toko bahan makanan lokal untuk mencari jamu dan teh yang berasal dari empat benua. Mereka membeli beberapa versi dari produk yang sama tetapi dari merek yang berbeda untuk memastikan setiap teh memiliki berbagai asal yang diwakili, yang akan memaksimalkan jumlah artropoda yang dapat mereka temukan.

"Pada dasarnya saya hanya pergi ke beberapa toko kelontong yang berbeda dan membeli berbagai jenis teh yang mereka miliki. Pemilik toko mungkin mengira mengira aku peminum teh berat," kata Krehenwinkel.

Tim harus mengembangkan metode untuk mengekstrak dan memperkuat DNA arthropoda dari semua bahan tanaman. Sebagian besar DNA dalam daun teh berasal dari tanaman teh itu sendiri.

"Mungkin 99,999, atau kira-kira seperti ini, persen dari DNA yang kami ekstrak adalah DNA tanaman, dan hanya sebagian kecil, yang tersisa, adalah DNA serangga yang, tentu saja, baik untuk peminum teh. Karena mereka ingin minum teh, bukan serangga," jelas Krehenwinkel.

Dia menambahkan bahwa keberadaan DNA artropoda hanya dalam satu menit adalah pertanda baik bahwa teh tidak meneteskan pestisida. Para peneliti menemukan cara untuk mengisolasi DNA artropoda dengan menemukan urutan kunci yang berbeda antara artropoda dan tumbuhan.

Tim menemukan, rata-rata, lebih dari dua ratus jenis artropoda yang berbeda dari setiap sampel teh. Tidak semua hewan ini dapat dicocokkan dengan spesies yang diketahui.

Tetapi mereka yang diidentifikasi umumnya cocok dengan distribusi yang diketahui dari kedua tanaman dan artropoda. Misalnya, teh mint mengandung DNA dari serangga yang ditemukan di wilayah Pasifik Barat Laut Amerika Serikat yang tumbuh peppermint, sedangkan teh hijau mengandung DNA dari serangga asli Asia Timur.

Simak Video "Main Sambil Belajar di Festival Flona Lapangan Banteng"