Duh! NASA Hilang Kontak dengan Pesawat Antariksa ke Bulan

ADVERTISEMENT

Duh! NASA Hilang Kontak dengan Pesawat Antariksa ke Bulan

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 07 Jul 2022 15:10 WIB
Jepretan Ciamik Pesawat Menembus Bulan yang Bikin Melotot
NASA Hilang Kontak dengan Misi ke Bulan CAPSTONE. Foto: Getty Images
Jakarta -

Misi ke Bulan NASA yang terbaru, CAPSTONE, mengalami masalah komunikasi dengan Deep Space Network. Hal ini tentunya mengkhawatirkan bagi misi NASA yang baru saja meninggalkan orbit pada 4 Juli.

Pesawat ruang angkasa itu ditargetkan melakukan manuver koreksi lintasan pertamanya pada 5 Juli, tetapi sekarang target manuver tersebut telah ditunda.

"Tim pesawat ruang angkasa saat ini sedang bekerja untuk memahami penyebabnya dan kembali menjalin kontak. Tim memiliki data lintasan yang baik untuk pesawat ruang angkasa berdasarkan lintasan stasiun darat penuh dan parsial kedua pertama dengan Deep Space Network," kata NASA seperti dikutip dariIFL Science.

"Jika diperlukan, misi memiliki bahan bakar yang cukup untuk menunda manuver koreksi lintasan pasca pemisahan awal selama beberapa hari. Pembaruan tambahan akan diberikan sesegera mungkin," tambah NASA.

CAPSTONE adalah misi pathfinder untuk Lunar Gateway, stasiun luar angkasa yang akan dibangun di orbit sekitar Bulan. CAPSTONE telah dikirim dalam perjalanan ini ke dan di sekitar Bulan untuk menguji stabilitas near-rectilinear halo orbit (NRHO), solusi khusus untuk masalah tiga benda yang secara teoritis menjamin orbit yang stabil dengan penyesuaian minimal.

Mudah-mudahan, kontak akan segera terjalin kembali, dan CAPSTONE akan dapat melanjutkan perjalanan selama empat bulannya menuju Bulan.



Simak Video "Progres NASA-SpaceX Siapkan Misi Artemis III ke Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT