Misteri Danau Tengkorak di Himalaya yang Belum Terpecahkan

ADVERTISEMENT

Misteri Danau Tengkorak di Himalaya yang Belum Terpecahkan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 27 Jun 2022 14:15 WIB
Roopkund
Misteri danau tengkorak di Himalaya. Foto: Haunted India
Jakarta -

Danau Roopkund lokasinya sangat terpencil di area pegunungan Himalaya. Bayangkan saja, danau itu berada di area bersalju setinggi 5.029 meter di atas permukaan laut. Anehnya, ada banyak tengkorak manusia di sana dan sejauh ini, misteri itu masih belum dapat dipecahkan. Julukannya adalah danau tengkorak.

Letaknya berada di lereng suram Trisul, salah satu pegunungan tertinggi India di negara bagian Uttarakhand. Danau Roopkund dengan kedalaman 2 meter ini dikelilingi gletser dan pegunungan es, tidak ada habitat manusia di sana.

Danau itu membeku pada sebagian besar tahun dan tampaknya tidak ada apa-apa. Tapi terkadang, esnya ada yang meleleh dan barulah terlihat ratusan kerangka, banyak yang kondisinya masih baik karena berada di es.

Diperkirakan ada sekitar 600 sampai 800 kerangka manusia yang ditemukan di sana. Saat ini, daerah tersebut menjadi tujuan turis yang gemar petualangan atau trekking.

Sejak abad ke-19, kabar tentang adanya danau tengkorak ini sudah berseliweran. Pada tahun 1942, penjaga taman nasional Nada Devi bernama Hari Kishan Madwall menemukannya. Kerangka tampak bermunculan saat es di danau mencair.

Awalnya, teori menyebutkan para korban ini adalah tentara Jepang yang bersembunyi lalu celaka. Tapi usia kerangka jauh lebih tua dibanding masa invasi Jepang sehingga teori itu mentah.

Teori lain menyatakan, beberapa kerangka itu adalah tentara India yang mencoba menginvasi Tibet pada tahun 1841, tapi kalah dan dipaksa kembali melalui ganasanya Himalaya. Puluhan dari mereka meninggal di lokasi itu.

Adapun cerita dari legenda lokal mengisahkan mereka adalah raja dan istrinya yang hamil, Rani Balampa, bersama para pelayan dan penari, yang berziarah ke kuil dewi Nanda Devi. Kemudian datanglah badai dan batu besar berjatuhan sehingga mereka semua meninggal dunia di danau tengkorak.

Halaman selanjutnya, riset yang bikin tambah bingung>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT