10 Benda Paling Aneh dan Misterius di Bawah Laut

10 Benda Paling Aneh dan Misterius di Bawah Laut

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 24 Mei 2022 17:17 WIB
Benda Aneh di Bawah Laut Museum Bawah Air Florida, Grayton Beach State Park.
Museum bawah laut Florida (Foto: Ted.com)
Jakarta -

Lautan menyimpan banyak misteri. Ilmuwan menemukan berbagai benda aneh di dalam sana, mulai dari harta karun sampai tempat diduga Atlantis.

Lautan bukan hanya menyimpan ikan. Ada banyak benda-benda misterius di dalam lautan yang jadi penelitian para ilmuwan, mulai dari ahli biologi sampai arkeologi.

Ada benda-benda aneh yang sengaja ditaruh oleh manusia. Sebagian lagi adalah benda-benda misterius yang belum dipahami secara ilmiah.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2022) inilah aneka benda aneh dan misterius di dasar lautan:

1. 'Komputer' Yunani kuno

Benda Aneh di Bawah Laut, Komputer Yunani Kuno'Komputer' Yunani Kuno. Foto: IB Times UK

Di lepas pantai Yunani telah ditemukan kapal berumur 2.000 tahun dengan aneka harta karun dari vas, perhiasan sampai patung perunggu. Namun ada satu benda yang bikin bingung para arkeolog.

Benda itu akhirnya dinamakan mekanisme Antikythera. Ilmuwan menduga ini adalah komputer pertama di dunia. Benda ini punya 2 lusin gir saling bersusun dan tampak bisa melakukan fungsi perhitungan.

Dugaan lain ini adalah alat untuk memantau perbintangan alias alat astronomi pada masa Yunani Kuno.

2. Harta karun 60 ton perak

Benda Aneh di Bawah Laut 100 Ton Perak ditemukan di lepas laut Irlandia100 Ton Perak ditemukan di lepas laut Irlandia. Foto: Youtube

Pada November 1942 kapal SS City of Kairo ditenggelamkan terpedo kapal selam Jerman di lepas laut Irlandia. Pada 2011 dilakukan ekspedisi pencarian oleh tim Deep Ocean Search.

Tim ekspedisi menemukan harta karun 100 ton perak yang harganya senilai USD 50 juta (Rp 734 miliar), seperti diberitakan CNN. Perak ini dilelehkan dan dijual kembali. Menurut BBC uang hasil pembelian dibagi antara Deep Ocean Search dan Kantor Bendahara Inggris.

3. Museum bawah air Florida

Benda Aneh di Bawah Laut Museum Bawah Air Florida, Grayton Beach State Park.Museum Bawah Air Florida, Grayton Beach State Park. Foto: Ted.com

Museum bawah air pertama di Amerika Serikat dibuka pada 2018 di lepas pantai Grayton Beach State Park, Florida. Ini adalah taman patung akuatik bekerja sama dengan Cultural Arts Alliance of Walton County and South Walton Artificial Reef Association.

Menurut CNN, ada 7 patung besar termasuk nanas raksasa dan tengkorak manusia. Ada karya dari seniman patung Vince Tatum and Allison Wickey. Untuk berkunjung, Anda harus menyelam.

4. Mesin Apollo 11

Benda Aneh di Bawah Laut Mesin Apollo 11 di Samudera AtlantikMesin Apollo 11 di Samudera Atlantik. Foto: Space.com

Mesin Apollo 11 yang membantu astronaut mendarat di bulan tahun 1969, telah ditemukan di Samudera Atlantik tahun 2012. Pencarian ini dilakukan oleh CEO Amazon, Jeff Bezos.

Roket Saturn V ini ditemukan 14.000 kaki (4.267 meter) di bawah permukaan laut. Menurut Guardian, ditemukan pula generator gas, injektor, turbin, penukar panas dan tutup tangki bahan bakar.

Halaman selanjutnya: Piramida Yonaguni >>>