5 Kisah Misterius Terkenal soal Segitiga Bermuda

5 Kisah Misterius Terkenal soal Segitiga Bermuda

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 22 Mei 2022 05:45 WIB
segitiga bermuda
5 Kisah Misterius Terkenal soal Segitiga Bermuda. Ilustrasi: Fuad Hasim/detikcom
Jakarta -

Segitiga Bermuda, juga dikenal sebagai Segitiga Setan, menjadi salah satu tempat paling misterius di Bumi. Terletak di lepas pantai tenggara AS di Samudra Atlantik, antara Bermuda, Florida, dan Puerto Rico, wilayah tersebut menjadi pusat misteri yang belum terpecahkan.

Meliputi area seluas 440.000 mil laut, Segitiga Bermuda adalah bagian dari rute pelayaran yang sibuk dan dilintasi kapal-kapal yang menuju ke Amerika, Eropa, dan Karibia setiap harinya.

Letaknya ini juga membuatnya menjadi salah satu komponen permukaan Bumi yang menarik dipelajari, namun sarat teka-teki. Selama berabad-abad, banyak kapal dan pesawat dilaporkan menghilang secara misterius di wilayah tersebut. Segitiga Setan ini juga dianggap bertanggung jawab atas hilangnya ribuan orang dalam beberapa dekade terakhir.

Di antara banyaknya cerita misterius tentang kawasan ini. Setidaknya ada lima cerita terkenal tentang Segitiga Bermuda berikut ini, seperti dikutip detikINET dari Marine Insight.

1. Mary Celeste

Mary Celeste ditemukan pada 4 Desember 1872 dengan segala sesuatunya berada di tempatnya kecuali seluruh awak. Kapal itu ditemukan terdampar di laut beberapa hari setelah memulai perjalanannya dari New York ke Genoa, Italia.

Ada tujuh anggota awak dan Kapten Benjamin Briggs, istrinya, dan putri mereka yang berusia dua tahun di atas kapal itu. Ketika sebuah kapal Inggris yang lewat bernama Dei Gratia menemukan Mary Celeste di lepas Kepulauan Azores, kapal itu tidak berawak, sekoci juga hilang.

Ditemukan juga bahwa sembilan barel di kargo kosong, dan ada pedang di geladak. Tidak ada jejak orang luar di kapal. Sekoci yang hilang juga tidak pernah ditemukan.

Studi tentang hilangnya kapal tersebut mengesampingkan kemungkinan serangan bajak laut karena segala sesuatu di kapal ini, termasuk barel alkohol yang diangkut dan barang-barang berharga kru, masih utuh.

Teori seputar misteri Mary Celeste juga mencakup kemungkinan konspirasi kriminal, penculikan alien, bahkan serangan cumi-cumi raksasa. Kemungkinan terjadinya bencana alam juga masuk dalam daftar. Banyak yang memperkirakan peran gempa bawah laut di balik kecelakaan itu.

Namun berbagai spekulasi yang beredar tampak tidak masuk akal. Banyak juga yang mempertanyakan, mengapa kru yang sangat terampil, di hari ketika cuaca baik, dengan kapal yang kondisinya baik, meninggalkannya begitu saja kemudian tidak pernah muncul lagi?

2. Ellen Austin

Pada tahun 1881, Ellen Austin berlayar ke New York dari London, namun kemudian mereka menemukan sekunar atau kapal layar lain yang telantar di dekat Segitiga Bermuda. Kapalnya tampak baik-baik saja, hanyut di utara Laut Sargasso, tetapi awaknya hilang.

Kapten Baker yang menakhodai Ellen Austin meminta untuk mengamati kapal terlantar itu selama dua hari untuk memastikan itu bukan jebakan. Setelah dua hari tak mendapat tanggapan, kapten memasuki kapal itu bersama krunya untuk menyelidiki lebih lanjut dan tidak ada tanda-tanda kru.

Untuk menariknya kembali bersama Ellen Austin, kapten menempatkan beberapa kru di kapal, bersiap untuk berlayar bersama. Namun, setelah dua hari berlayar di perairan yang tenang, badai memisahkan jalur kedua kapal itu, yang kemudian menghilang.

Beberapa hari setelah badai, Kapten Baker melalui teropongnya bisa melihat kapal itu hanyut jauh tanpa tujuan sekali lagi. Akhirnya, setelah berjam-jam berusaha, Ellen Austin bisa mengejar kapal itu.

Versi lain dari cerita ini, menceritakan upaya kedua kalinya yang dilakukan Kapten Baker untuk membawa kapal itu kembali ke darat, tetapi berakhir dengan nasib yang sama sebelum Ellen Austin akhirnya menyerah dan meninggalkan kapal terkutuk itu.

Hilangnya kapal, lalu tiba-tiba muncul lagi, dan tidak adanya kru di kapal itu, menjadi cerita menarik. Kapal itu hingga saat ini menjadi rahasia Segitiga Bermuda, yang tampaknya tidak bisa dijelaskan.

Selanjutnya: Kisah USS Cyclops, Carroll A. Deering, Witchcraft