Ikan Pari Raksasa yang Misterius Ditangkap, Panjangnya 4 Meter

Ikan Pari Raksasa yang Misterius Ditangkap, Panjangnya 4 Meter

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 20 Mei 2022 18:30 WIB
Ikan raksasa
Nelayan Tangkap Ikan Pari Raksasa di Sungai Mekong. Foto: UNR
Jakarta -

Ikan pari raksasa tertangkap jaring nelayan Sungai Mekong, Kamboja, baru-baru ini. Makhluk berbobot 181 kg itu ditemukan usai memakan umpan ikan dari pancingan.

Dikutip dari Live Science, ikan tersebut diidentifikasi sebagai pari air tawar raksasa dengan nama ilmiah Urogymnus polylepis, yang secara tidak sengaja ditangkap nelayan pada 5 Mei 2022 lalu di provinsi Stung Treng di timur laut Kamboja.

Para nelayan kemudian menghubungi anggota tim dari proyek Wonders of the Mekong, yakni kelompok konservasi di University of Nevada, Reno (UNR) yang bekerja sama dengan otoritas perikanan setempat. Mereka membantu melepaskan tali pancing, dan mengukur pari sebelum melepaskannya kembali ke sungai.

Disebutkan juru bicara UNR, ikan pari air tawar raksasa itu memiliki lebar 1,9 meter, dan panjang hingga 4 meter. Ekor ikan pari raksasa yang berbisa dan berduri itu mencapai 15 cm. Laporan sebelumnya bahkan menyebut ikan air tawar raksasa ini bisa tumbuh lebih besar dari yang ditemukan nelayan.

"Ikan pari air tawar raksasa adalah spesies ikan pari terbesar di dunia. Kemungkinan ikan pari air tawar raksasa bisa tumbuh lebih besar dari ini," kata ahli biologi ikan UNR yang juga direktur proyek Wonders of the Mekong, Zeb Hogan.

Sayangnya, hanya sedikit informasi yang diketahui sejauh ini mengenai pari air tawar raksasa, lantaran hasil tangkapannya belum pernah dilaporkan. Alhasil, para ahli sulit untuk menentukan tren populasi ikan pari air tawar raksasa yang sebenarnya.

Tak hanya ikan pari air tawar raksasa Sungai Mekong, jenis ikan raksasa lainnya hidup di sungai yang punya jalur aliran melewati China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam ini, yaitu ikan lele raksasa Mekong (Pangasianodon gigas) yang juga pernah tertangkap nelayan setempat.

Ikan lele raksasa ditangkap di Thailand pada tahun 2005. Beratnya diketahui mencapai 293 kilogram. Selanjutnya, di tahun 2009, ikan pari air tawar raksasa juga ditangkap di Thailand dan diperkirakan memiliki berat antara 249 kg hingga 349 kg.

Gelar ikan air tawar terbesar di dunia dipegang oleh beluga sturgeon (Huso huso) di Rusia, mencapai panjang maksimum lebih dari 8 meter dan berat 2,2 ton.

Sungai Mekong merupakan rumah bagi sejumlah spesies air raksasa lainnya, tidak hanya ikan pari air tawar raksasa, tetapi termasuk lumba-lumba Irrawaddy, kura-kura softshell raksasa, barbs raksasa (sejenis ikan mas), lele goonch raksasa dan sheatfish raksasa (jenis lele).

"Bentangan Sungai Mekong Kamboja yang terpencil dan relatif murni ini tampaknya menjadi tempat terakhir di Bumi di mana semua spesies air tawar raksasa yang ikonik ini hidup berdampingan satu sama lain," kata Hogan.

Disebutkan Hogan, spesies hewan raksasa dapat tumbuh hingga ukuran ekstrem, karena Sungai Mekong memiliki berbagai jenis habitat berbeda. Habitat itu termasuk kolam yang dalam, saluran, gundukan pasir dan pulau-pulau yang memberikan perlindungan dan ruang bagi spesies itu untuk tumbuh.

"Secara historis, Sungai Mekong adalah salah satu sungai paling produktif di dunia dan akan menyediakan banyak makanan untuk hewan yang lebih besar," sebut Hogan.

Akan tetapi, kondisi Sungai Mekong telah menurun dalam beberapa dekade terakhir akibat polusi air, penangkapan ikan yang berlebihan serta fragmentasi habitat karena pembangunan sungai, seperti bendungan.

Karena kondisi ini, ikan pari air tawar raksasa Sungai Mekong saat ini terdaftar sebagai spesies yang terancam punah, berdasarkan Daftar Merah spesies yang terancam punah International Union for Conservation of Nature (IUCN).



Simak Video "Ikan Pari Air Tawar Raksasa Seberat 300 Kg Ditemukan di Kamboja"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)