Apa Mungkin Dinosaurus Bangkit Lagi Ala Jurassic World Dominion

ADVERTISEMENT

Apa Mungkin Dinosaurus Bangkit Lagi Ala Jurassic World Dominion

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 14 Jun 2022 05:45 WIB
Artists life reconstruction of the titanosaurian dinosaur Mansourasaurus shahinae on a coastline in what is now the Western Desert of Egypt approximately 80 million years ago is pictured in this undated handout image obtained by Reuters on January 29, 2018.   Andrew McAfee/Carnegie Museum of Natural History/Handout via REUTERS  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.  NO RESALES. NO ARCHIVE. NO SALES     TPX IMAGES OF THE DAY
Mungkinkah Dinosaurus Dibangkitkan Lagi? (Foto: Andrew McAfee/Carnegie Museum of Natural History/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Setelah menonton film 'Jurassic World Dominion' mungkin pernah terlintas di benak kalian, apakah bisa untuk kembali menghidupkan dinosaurus? Dapatkah ilmuwan memanfaatkan DNA untuk mewujudkan Triceratops, Velociraptor dan T.rex?

Sebelumnya mari mengenal sedikit tentang DNA. Melansir Earth Sky, Selasa (14/6/2022) DNA atau deoxyribonucleic acid adalah molekul yang membawa kode genetik. Setiap orang memiliki DNA yang berbeda. DNA menentukan karakteristik seperti warna mata sampai apakah rambut seseorang lurus atau keriting.

Nah, masalahnya, meskipun para peneliti berhasil menemukan fosil dinosaurus, mereka kesulitan untuk mendeteksi DNA yang sudah rusak. Sebuah studi mengungkap DNA bisa bertahan selama 7 juta tahun, akan tetapi dinosaurus sudah jauh lebih lama tiada -- lebih dari 65 juta tahun lalu.

Tapi jika berandai-andai, peneliti berhasil menemukan DNA dari dinosaurus. Mereka kemungkinan hanya bisa menemukan sebuah fragmen dari DNA dinosaurus. Untuk membuat dinosaurus yang 'utuh', peneliti tetap butuh fragmen dari makhluk yang hidup di era modern untuk melengkapinya.

Makhluk ini tidak bisa disebut dinosaurus murni. Mereka lebih cocok disebut hibrida, menggunakan campuran DNA dari burung atau reptil. Hasilnya belum tentu baik, malahan mungkin hasilnya malah jadi masalah.

"Berpikir bahwa itu ide yang bagus? Bagaimanapun, para ilmuwan di film 'Jurassic' mencobanya. Dan kamu tahu apa yang terjadi di sana," kata William Ausich, Professor Emeritus of Paleontology, Ohio State University, mengingatkan risiko kekacauan seperti yang ada dalam filmnya.



Simak Video "Fosil Dinosaurus Meraxes Gigas Ditemukan di Argentina"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT