5 Teori Keberadaan Multiverse, Benarkah Ada?

5 Teori Keberadaan Multiverse, Benarkah Ada?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 03 Mei 2022 13:01 WIB
Dunia Paralel
5 Teori Keberadaan Multiverse, Benarkah Ada? Foto: Instagram/Guido Ruiz
Jakarta -

Teori multiverse atau adanya beberapa kumpulan alam semesta makin ramai dibicarakan, terlebih ketika film Dr Strange dari Marvel akan rilis dalam waktu dekat. Nyatanya, para ilmuwan sudah sejak lama membahas mengenai kemungkinan dunia paralel sejak dulu.

Mengutip Live Science, ada lima teori populer yang mendukung multiverse bukan kemustahilan. Jadi, apakah kita memiliki kembaran di dunia lain?

1. Infinite universes

Para ilmuwan tidak dapat memastikan seperti apa bentuk ruang-waktu, tetapi kemungkinan besar bentuknya datar dan membentang tanpa batas. Tetapi jika ruang-waktu berlangsung selamanya, maka ini bisa berulang pada suatu waktu karena adanya partikel yang terbatas serta dapat diatur pada ruang dan waktu.

Singkatnya, seseorang bisa melihat menemukan versi lain dari diri mereka, ada merupakan versi tak terbatas dari dirinya. Beberapa dari 'kembaran' ini mungkin akan melakukan apa yang kamu lakukan sekarang, sementara yang lain akan mengenakan pakaian yang berbeda pagi ini. Ada juga yang memilih untuk membuat keputusan berbeda dalam hidup seperti misalnya soal karier.

2. Daughter universes

Teori ini menjelaskan adanya kemungkinan beberapa alam semesta mengikuti teori mekanika kuantum. 'Daughter Universes' atau 'Many Worlds Theory', yang dikemukakan oleh Hugh Everett, percaya bahwa alam semesta menciptakan 'salinan' untuk setiap kemungkinan hasil dari sebuah situasi yang terjadi.

Ketika di alam semesta ini kamu memutuskan untuk terus membaca artikel ini, di alam semesta lain bisa jadi membuat kamu justru menghentikan kegiatan membaca kamu dan berpaling ke hal lain.