Cerita Profesor Harvard yang Percaya Alien Itu Ada

Cerita Profesor Harvard yang Percaya Alien Itu Ada

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 28 Mar 2022 06:15 WIB
National Aeronautics and Space Administration (NASA) berhasil menangkap foto alam semesta dengan kualitas terbaik dan terjenih yang pernah ada. Fotonya mencapai 1,5 miliar pixel!

Gambar 1,5 miliar pixel yang luar biasa (69.536 x 22.230) ini adalah jepretan tetangga galaksi terdekat kita, Galaksi Andromeda (M31). Foto ini diambil dari Teleskop Hubble NASA yang memiliki kemampuan sangat mupuni. Meskipun M31 adalah tetangga terdekat Bumi, M31 terletak lebih dari 2 juta tahun cahaya dari planet kita.
Foto: NASA
Jakarta -

Sejak Avi Loeb Professor of Science di Harvard University mengatakan bahwa ia percaya dengan eksistensi alien, dunia gempar. Pasalnya, bisa dibilang hanya segelintir ilmuwan yang berani vokal mengutarakan kepercayaannya soal alien kepada masyarakat.

"Seperempat dari semua bintang menjadi tuan rumah sebuah planet seukuran dan luas permukaan Bumi. Akan arogan untuk berpikir kita sendirian," ujarnya sebagaimana melansir The Guardian.

Loeb beranggapan bahwa seorang ilmuwan harusnya membuka dialog dengan alam, bukan monolog. Terkadang, alam dapat menampilkan atau memberi kode yang berbeda dengan pemikiran kita. Ilmuwan harus siap akan hal itu.

"Aku menemukan beberapa contoh ketika data memberi kita beberapa kegelisahan, ketika bukti tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, aku merasa ini adalah momen yang paling menarik. Alam memberi tahumu, 'Pemikiranmu tentang ini salah'," ujarnya.

Ini dibuktikan dan diterapkan oleh dirinya sendiri. Loeb tercatat sebagai orang yang berani buka suara soal komet Oumuamua dan berpendapat objek ini tampaknya tidak umum. Kata Loeb ia tak sendiri, sebenarnya ada sejumlah ilmuwan juga menganggap adanya keanehan dari komet tersebut -- namun tidak berani buka suara.

Lantas, apa alasan ilmuwan tidak mau buka suara soal alien maupun UFO? Ini dikarenakan isu tersebut masih tabu. Ada anggapan atau kepercayaan bahwa membicarakan juga berdiskusi soal ini bisa membahayakan kredibilitas mereka sebagai ilmuwan, karier pun terancam kandas.

Padahal, tak ada yang salah akan hal ini. Ia bersikeras banyak ilmuwan sudah berani berteori soal hal lain semisal multiverse (yang juga sering jadi perdebatan), tapi mengapa tidak soal alien ataupun UFO?

"Maksudku adalah, beraninya para ilmuwan menghindar dari pertanyaan ini, padahal mereka memiliki teknologi untuk menjawabnya, dan ketika publik sangat tertarik. Sementara, pada saat yang sama Anda memiliki fisikawan teoretis yang berbicara tentang dimensi ekstra, teori string, tentang multiverse," tandas Loeb.



Simak Video "UFO, Alien, dan Kehidupan di Luar Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)