Teror Makhluk 'Alien' di Pantai Australia

Teror Makhluk 'Alien' di Pantai Australia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 25 Jan 2022 05:42 WIB
Ubur-ubur bluebottle
Ubur-ubur bluebottle. Foto: Guardian
Australia -

Hewan aneh ini sedang banyak bergerombol di pantai-pantai Australia. Disebut aneh karena wujudnya tidak seperti hewan pada umumnya. Pakar pun memperingatkan jangan mendekati atau menyentuh mereka.

Makhluk yang aneh kelihatannya bagi orang awam itu sebenarnya adalah ubur-ubur bluebottle. Baru-baru ini, mereka menyerbu pantai di Tasmania, New South Wales, sampai Victoria di Australia.

Pakar biologi setempat, Dr Lisa-ann Gershwin menyebut kedatangan mereka disebabkan oleh kencangnya angin. "Kita melihat jumlahnya melimpah ruah. Ini karena adanya angin menuju ke pantai," kata dia.

Apakah ubur-ubur bluebottle ini berbahaya bagi manusia? Meskipun tidak sampai mengancam nyawa, akan tetapi sengatannya menyakitkan. Maka Dr Lisa meminta orang tidak menyentuhnya, bahkan dalam keadaan mati, karena ubur-ubur ini tetap bisa menyengat.

Dr Lisa sendiri sudah beberapa kali disengat oleh hewan aneh ini dalam rangka penelitian dan ia menyebut pengalaman itu sangat menyakitkan.

"Mereka tahun ini benar-benar bersenang-senang dan sungguh meneror kita. Mereka benar-benar makhluk alien yang aneh," kata Dr Lisa yang dikutip detikINET dari Guardian, Selasa (25/1/2022).

Mahkluk ini sebenarnya hubungannya dengan ubur-ubur adalah seperti manusia dengan monyet atau gorila. Populasi bluebottle mengapung dengan bebas di permukaan laut dalam jumlah yang sangat banyak.

Koloni itulah yang dijuluki sebagai bluebottle. Anehnya, setiap individu adalah berjenis hermaphrodite dengan organ reproduksi jantan dan betina sekaligus. Mereka berdiri sendiri untuk reproduksi ataupun makan.

Dr Lisa menyebut masih banyak yang perlu dipelajari terkait biologi hewan aneh ini. Asal muasal mereka masih susah dilacak. Adapun bluebottle ini adalah mangsa favorit bagi hewan seperti Glaucus yang juga dikenal sebagai kadal laut.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.

Saksikan juga: Eureka!: Indonesia Berburu Exoplanet dan Alien

[Gambas:Video 20detik]



(fyk/fay)