Ilmuwan Israel Ajari Ikan Mas Nyetir Mobil di Darat, Gimana Caranya?

Ilmuwan Israel Ajari Ikan Mas Nyetir Mobil di Darat, Gimana Caranya?

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 09 Jan 2022 05:45 WIB
ikan nyetir
Foto: Shachar Givon, Matan Samina, Prof. Ohad Ben Shahar, Prof. Ronen Segev/BGU
Jakarta -

Dari berbagai eksperimen yang dilakukan ilmuwan, yang satu ini terbilang unik. Ikan yang sejatinya berenang, diajari cara menyetir mobil di darat. Bagaimana caranya?

Tampak dalam video yang merekam eksperimen tersebut, sebuah akuarium di atas roda bergerak ke sana ke mari. Akuarium itu berisi seekor ikan mas, dan rupanya ikan tersebut mengendarai "mobil" bermotor tersebut.

Dikutip dari Live Science, para ilmuwan melakukan percobaan aneh ini untuk lebih memahami bagaimana ikan mas menavigasi lingkungan terestrial.

Di alam liar, ikan mas dan banyak spesies lainnya harus bernavigasi untuk menemukan makanan atau tempat berlindung untuk bertahan hidup. Tetapi tidak jelas bagaimana hewan-hewan ini belajar menavigasi suatu ruang. Dan bagi ikan, apakah jaringan otak yang memungkinkan mereka menavigasi terumbu karang akan berguna di darat atau tidak, masih menjadi misteri.

Apa cara yang lebih baik untuk menjelajahi navigasi hewan di lingkungan asing selain benar-benar mengeluarkan ikan dari air?

"Karena ikan terkenal tidak bisa bertahan hidup di luar air, kami harus membuat kapal selam terbalik ini," kata Shachar Givon, mahasiswa doktoral di Ben-Gurion University of the Negev di Israel.

Kapal selam, atau kendaraan yang dioperasikan ikan (fish operated vehicle/FOV), pada dasarnya adalah akuarium plastik yang dipasang pada platform kecil dengan roda. Seekor ikan mas di akuarium bisa mengemudikan kendaraan hanya dengan berenang.

Dalam studi tersebut, enam ikan mas dilatih untuk menjadi pilot FOV. "Pelatihan adalah bagian termudah. Saya hanya menempatkannya dalam situasi di mana ia mempelajari apa yang terjadi di sekitarnya," kata Givon.

Awalnya, gerakan setiap ikan tidak menentu saat berenang dari satu sisi ke sisi lain di reservoir kelilingnya. Akhirnya, kata Givon, ikan mulai menghubungkan titik-titik, dan gerakannya menjadi lebih tenang dan disengaja.

"Jika Anda memasukkan seseorang ke dalam mobil untuk pertama kalinya tanpa memberi tahu mereka apa pun tentang hal itu, mereka akan menyadari bahwa apa yang mereka lakukan dengan kemudi itu penting dengan arah mobil itu berjalan. Hal yang sama berlaku untuk ikan. Ia menyadari ini secara perlahan, jelas Givon.

Membuat ikan bisa menggerakkan kendaraan adalah satu hal. Mempelajari apakah ikan dapat memahami lingkungan di sekitar kendaraan adalah masalah lain sepenuhnya.

Menurut Givon, penelitian ini menunjukkan bahwa ikan mas dapat belajar menavigasi lingkungan yang sama sekali asing, bukan hanya lingkungan tertentu, seperti terumbu karang.

Di masa depan, Givon ingin mengeksplorasi bagaimana ikan belajar menavigasi rute yang lebih panjang dalam situasi yang tidak terlalu rumit.

"Kami ingin ikan keluar dan menavigasi lingkungan alami manusia. Ini berpotensi memungkinkan para peneliti untuk mengamati bagaimana ikan dapat membuat keputusan di lingkungan asing yang lebih dinamis," tutupnya.



Simak Video "Aksi Ikan Mas Dilatih 'Nyetir' Robot Akuarium di Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)