Ini Dia 8 Syarat Vaksin Anak 6-11 Tahun

ADVERTISEMENT

Ini Dia 8 Syarat Vaksin Anak 6-11 Tahun

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 14 Jan 2022 15:41 WIB
Ratusan anak berusia 6 hingga 11 tahun disuntik vaksin COVID-19 di Kabupaten Kudus. Vaksinasi dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas pada anak-anak
Syarat Vaksin Anak 6-11 Tahun. Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Jakarta -

Syarat vaksin anak 6-11 tahun penting diketahui para orang tua agar anak-anak bisa mendapat dosis vaksin secara lengkap.

Pada 17 Desember 2021, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) secara resmi merekomendasikan pemberian imunisasi COVID-19 Coronavac produksi Sinovac untuk anak golongan usia 6-11 tahun. Berikut beberapa catatan kondisi anak yang diperbolehkan mendapatkan vaksinasi COVID-19 Coronavac.

1. Dosis dan Jarak Pemberian Vaksin Anak

Pemberian imunisasi vaksin COVID-19 anak menggunakan CoronaVac produksi Sinovac ini boleh diberikan pada anak golongan usia 6-11 tahun. Vaksin Coronavac diberikan secara intramuskular dengan dosis 3µg (0,5 ml) sebanyak dua kali pemberian dengan jarak dosis pertama vaksin COVID-19 anak ke dosis kedua yaitu 4 minggu.

2. Anak dengan Penyakit Komorbid

Ketua umum IDAI, Dr Piprim Basarah Yanuarso Sp.A(K) mengatakan, anak dengan penyakit komorbid boleh diberikan vaksin COVID-19 ini.

Vaksin COVID-19 anak dengan komorbid dapat dilakukan karena anak dengan kondisi penyakit penyerta seperti kondisi kronis yang stabil, mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi bila menderita infeksi COVID-19.

"Oleh karena itu, anak-anak ini bisa diberikan imunisasi setelah mendapat rekomendasi dari dokter yang merawatnya," kata Piprim dalam konferensi pers IDAI, Desember lalu.

3. Anak dengan Long COVID-19

Selain anak dengan penyakit komorbid, anak yang telah sembuh dari COVID-19 termasuk yang mengalami long COVID perlu dilakukan vaksinasi COVID-19.

Anak yang menderita COVID-19 derajat berat atau MIS-C (Multi System Inflammatory Syndrome in Children), maka pemberian vaksinasi COVID-19 ditunda 3 bulan.

Sedangkan jika kondisi anak menderita COVID-19 derajat ringan-sedang, maka vaksin COVID-19 ditunda 1 bulan.

4. Anak Berkebutuhan Khusus

Kondisi berikutnya yang juga membutuhkan perhatian lebih untuk pelaksanaan pemberian vaksinasi COVID-19 adalah anak dengan kebutuhan khusus.

"Anak berkebutuhan khusus, anak dengan gangguan perkembangan dan perilaku, anak di panti asuhan atau perlindungan perlu mendapat vaksinasi COVID-19 dan perlu pendekatan khusus untuk pelaksanaan pemberian vaksinasinya," kata Piprim.

Selanjutnya: Lakukan Imunisasi Kejar - Izin Dokter >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT