Apakah Habis Vaksin Boleh Minum Es?

Apakah Habis Vaksin Boleh Minum Es?

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 16:40 WIB
Trik Tepat Isi Air Untuk Es Batu
Apakah Habis Vaksin Boleh Minum Es? Foto: iStock
Jakarta -

Ada banyak kekhawatiran di antara para orang tua yang menemani anaknya vaksin, salah satunya, apakah setelah vaksin boleh minum es? Para orang tua dibuat bingung, terutama jika anak-anak merajuk minta dibelikan es setelah disuntik.

Apakah minum es akan mempengaruhi kinerja vaksin? Jawabannya, setelah vaksin boleh minum es, dan tidak akan memberi dampak yang berbahaya pada efektivitas vaksin.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO, melalui situs resminya, seperti dilihat, Rabu (12/1/2022) telah menjelaskan bahwa tidak ada makanan atau minuman tertentu yang dilarang setelah vaksinasi, dalam hal ini terutama vaksin COVID-19. WHO menegaskan hal ini, karena kinerja vaksin tidak akan terpengaruh oleh asupan makanan atau minuman.

Jadi, selama tubuh terasa tetap fit, silakan saja mengonsumsi makanan ataupun minuman yang dingin. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah vaksin:

Perbanyak minum air putih

Banyak minum air putih sangat baik untuk menghindari dehidrasi. Beberapa jenis vaksin COVID-19 umumnya menimbulkan efek samping seperti nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, dan demam. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mempersingkat durasi efek samping.

Hindari alkohol dan tembakau

Meski belum ada jurnal ilmiah yang menyatakan efek samping alkohol dan tembakau atau rokok terhadap vaksinasi, disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol dan rokok setelah vaksinasi. Sebab, kemungkinan dapat memperburuk efek samping vaksin.

Alkohol disebut dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang secara negatif. Jika dikonsumsi setelah vaksinasi, respons imun tubuh terhadap vaksin kemungkinan tidak efektif. Ini juga berlaku pada tembakau.

Konsumsi makanan yang seimbang

Untuk menghindari efek samping vaksin yang cukup parah, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang seimbang, makanan yang dapat meningkatkan kekebalan, bernutrisi tinggi, serta kaya akan vitamin C.

Hindari aktivitas fisik yang berat

Setelah vaksinasi, tubuh harus beristirahat agar vaksinasi dapat bekerja secara maksimal. Setidaknya, istirahatkan tubuh selama 2 sampai 3 hari dari aktivitas fisik yang berat. Sebab, tubuh membutuhkan waktu untuk sembuh dari efek samping vaksin.

Siap-siap vaksin booster untuk para orangtuanya

Selain soal perkara vaksin anak, Indonesia juga bersiap untuk melakukan vaksin booster untuk para orangtua dan lansia. Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan vaksinasi booster COVID-19 gratis dan akan dimulai Rabu (12/1). Lansia dan kelompok rentan yang sudah divaksinasi lengkap menjadi prioritas penerima vaksin booster gratis ini.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) secara resmi memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (UEA) kepada lima merek vaksin sebagai dosis booster atau lanjutan di Indonesia. Kelima vaksin booster gratis tersebut adalah:

1. CoronaVac atau Vaksin COVID-19 Bio Farma
2. Comirnaty dari Pfizer
3. Vaxzevria dan Kconecavac dari AstraZeneca
4. Moderna
5. Zifivax



Simak Video "Pentingnya Riset Vaksin untuk Produsen"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)