Multiverse di Film Spider-man: No Way Home Mungkin Sungguhan Ada

ADVERTISEMENT

Multiverse di Film Spider-man: No Way Home Mungkin Sungguhan Ada

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 24 Des 2021 05:44 WIB
This image released by Sony Pictures shows Tom Holland in Columbia Pictures
Multiverse, Dunia Paralel Seperti Spider-man: No Way Home Sungguhan Ada? Foto: AP/Matt Kennedy
Jakarta -

Multiverse atau dunia paralel yang saling berhubungan adalah kendaraan penceritaan yang sempurna untuk cerita fiksi ilmiah, memungkinkan berbagai versi karakter hidup bersama dalam ruang yang sama. Apakah dunia paralel seperti itu sungguhan ada?

Spoiler Alert! Artikel ini mungkin mengandung spoiler film Spider-man: No Way Home

Dalam film Spider-man: No Way Home, Tom Holland yang memerankan Spider-Man bertemu versi Spider-man lain dan para penjahat dari semesta lain. Mereka masuk ke semesta Spider-Man Tom Holland melalui portal antar dimensi yang tercipta dari kekuatan Doctor Strange.

Dalam teori fisika, hal ini disebut sebagai multiverse atau dunia paralel. Di mana ada lebih dari satu alam semesta di dunia. Artinya, ada banyak versi diri kita sendiri di alam semesta yang berbeda.

Konsep dunia paralel atau multiverse tidak hanya diangkat di film Spider-man tetapi juga dalam adaptasi banyak film fiksi ilmiah. Namun, mungkinkan dunia paralel seperti dalam film Spider-man, benar-benar ada atau fiksi ilmiah belaka?

Dikutip dari Syfy, Jumat (24/12/2021) konsep dunia multiverse memang terdengar seperti omong kosong. Namun percaya atau tidak, ada alasan cukup bagus bagi para ilmuwan untuk percaya bahwa multiverse bisa jadi ada. Tetapi untuk menjelaskannya, kita harus kembali masa awal semesta, sangat-sangat awal.

Sebelum masa awal, mungkin tidak ada apa-apa di semesta ini. Sesaat setelah peristiwa Big Bang yang hanya berlangsung sepersekian detik, alam semesta mengembang karena proses yang dikenal sebagai inflasi kosmik, kemudian segera mendinginkan jetnya.

Ketika periode itu berakhir, alam semesta jauh lebih besar dari sebelumnya. Tepatnya, seberapa besar alam semesta pada saat itu sangat bergantung pada seberapa besar awalnya.

Yang penting dalam konteks diskusi ini adalah bahwa inflasi benar-benar terjadi. Ini membantu untuk menjelaskan banyak hal tentang sifat alam semesta kita. Yaitu, menjelaskan pola suhu di latar belakang gelombang mikro kosmik. Daerah yang jauh dapat memiliki komposisi yang serupa karena hanya sepersekian detik yang lalu mereka dihaluskan tepat di samping satu sama lain.

Selanjutnya: Menguji multiverse secara ilmiah >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT