Ilmuwan Bedah Kekuatan Super Spider-Man Dibanding Laba-laba

Ilmuwan Bedah Kekuatan Super Spider-Man Dibanding Laba-laba

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 16 Des 2021 20:00 WIB
Spider-Man: No Way Home
Kekuatan Spider-Man Jika Dilihat dari Sains. Foto: dok. Sony
Jakarta -

Spider-Man mungkin pahlawan super yang layak masuk tim Avengers. Tapi apakah kemampuannya benar-benar dalam batas yang memang bisa dilakukan laba-laba? Seberapa akurat kekuatan Spider-Man dibandingkan rekan-rekannya di kehidupan nyata?

Hype film Spider-Man No Way Home yang baru dirilis menggelitik arachnologist atau ahli laba-laba Rod Crawford yang juga merupakan kurator di Burke Museum di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Dikutip dari Science Focus, Crawford membeberkan spider-fact dan spider-fiction untuk menjelaskan fakta dan fiksi laba-laba yang sesungguhnya dilihat dari kacamata sains.

Kekuatan

Kekuatan super Spider-Man digambarkan bisa mengangkat beban berkali-kali lipat dari berat beban itu sendiri. Oleh karena itu, jika manusia memiliki kemampuan seperti laba-laba, mereka juga dapat mengangkat beban berkali-kali lipat dari beratnya sendiri.

Tapi Crawford skeptis terhadap gagasan itu. Dia mengutip hukum kuadrat-kubus, sebuah prinsip Matematika yang menyatakan bahwa ketika sebuah benda mengalami peningkatan ukuran yang proporsional, volume barunya sebanding dengan pangkat tiga dari pengali dan luas permukaan barunya sebanding dengan kuadrat dari pengali.

Pada dasarnya, rumus ini menjelaskan bahwa ketika suatu objek tumbuh lebih besar, demikian juga ketegangan dan tuntutan (demand) pada objek itu.

"Kekuatan tidak diukur secara langsung dengan ukuran. Semakin kecil Anda, semakin mudah untuk mengangkat benda besar, karena benda besar itu sendiri tidak terlalu berat. Semakin besar Anda, semakin sulit untuk mengangkat benda besar karena berat benda besar meningkat jauh lebih cepat daripada kekuatan Anda sendiri," kata Crawford.

"Laba-laba memiliki kekuatan yang hampir sama dengan serangga dengan kisaran ukuran yang sama, dan laba-laba dalam jaring mampu mengangkat mangsa yang beratnya beberapa kali lebih berat daripada laba-laba. Tapi dalam arti absolut beban itu masih sangat ringan," sambungnya.

Kelincahan

Refleks Spider-Man sangat cepat, sesuai dengan jenis laba-laba tertentu. Menurut Crawford, beberapa laba-laba sangat cepat. Ada laba-laba tanah yang hanya ditemukan di Amerika Utara, yang dalam panjang tubuh per detik-nya, dapat berlari secara relatif dua kali lebih cepat dari seekor cheetah.

"Namun, jika ditingkatkan ke ukuran manusia, itu tidak bisa bekerja sama sekali, karena hukum kubus persegi," kata Crawford.

Bagaimana dengan gerakan seperti melompat? Crawford menyebutkan, beberapa laba-laba pandai melompat, dan yang lainnya. Selain itu, lompatan laba-laba dilakukan dengan cara yang sangat berbeda dari lompatan makhluk seperti kita yang memiliki tulang bagian dalam di kaki kita yang dikelilingi oleh otot.

"Kaki laba-laba tidak memiliki otot ekstensor sama sekali. Jadi ketika mereka menjulurkan kaki untuk melompat, itu tidak dilakukan oleh otot, melainkan tekanan hidrolik darah," jelas Crawford.

Selanjutnya: Kemampuan Merangkak di Dinding, Jaring, dan Indra Laba-laba