Dugaan Mengerikan Mengapa Kita Belum Bertemu Alien

Dugaan Mengerikan Mengapa Kita Belum Bertemu Alien

ADVERTISEMENT

Dugaan Mengerikan Mengapa Kita Belum Bertemu Alien

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 11 Des 2021 19:11 WIB
Tampilan alien dalam film E.T.: The Extra-Terrestrial.
Mengapa manusia belum bertemu alien? Fisikawan Rusia Alexander Berezin, dari National Research University of Electronic Technology (MIET), memiliki gagasannya. Foto: Photograph: Allstar/Cinetext/Universal
Jakarta -

Mengapa manusia belum menemukan alien? Fisikawan Rusia Alexander Berezin, dari National Research University of Electronic Technology (MIET), memiliki gagasannya sendiri.

Ia menyebutnya sebagai 'yang pertama masuk, yang keluar terakhir', sebuah kunci dari Paradoks Fermi. Dia menyebut bahwa begitu sebuah peradaban mencapai kemampuan menyebar melintasi bintang-bintang, itu pasti akan melenyapkan semua peradaban lainnya.

Sederhananya, alien mungkin tidak memperhatikan kita, dan ekspansi eksponensial mereka melintasi galaksi mungkin lebih penting bagi mereka daripada memikirkan apa yang akan terjadi pada kita.

"Mereka tidak akan menyadarinya, sama seperti kru konstruksi yang menghancurkan sarang semut untuk membangun real estate karena mereka tidak memiliki kepentingan untuk melindunginya," tulis makalahnya dalam bentuk pra-cetak dan belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Tapi siapakah manusia dibanding alien lain? Bisa jadi manusia bukanlah 'semut', melainkan para alien yang kita cari itulah yang menjadi 'semut'. Bagaimana kalau ternyata kita adalah perusak masa depan peradaban yang tak terhitung jumlahnya?

"Dengan asumsi hipotesis di atas benar, apa artinya bagi masa depan kita? Satu-satunya penjelasan adalah penerapan prinsip antropik. Kita adalah yang pertama tiba di tahap ini (interstellar). Dan, kemungkinan besar, akan menjadi yang terakhir pergi," papar Berezin.



Simak Video "Penyebab Planet Venus Panas Bak Neraka"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT