Hebat! Astronom Termuda di Dunia Usianya Baru 8 Tahun - Halaman 2

Hebat! Astronom Termuda di Dunia Usianya Baru 8 Tahun

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 01 Okt 2021 16:04 WIB
Nicolinha astronom muda
Astronom termuda di dunia baru berusia 8 tahun. Foto: Instagram/@nicolinha2012

"Dia benar-benar memiliki mata. Dia segera melihat titik-titik dalam gambar yang terlihat seperti asteroid dan sering memberi tahu teman-teman sekelasnya ketika mereka tidak yakin mereka benar-benar menemukannya," kata Heliomarzio Rodrigues Moreira, guru astronomi Oliveira di sebuah sekolah swasta di kota itu.

"Yang terpenting dia berbagi ilmu dengan anak-anak lain. Dia berkontribusi dalam penyebaran ilmu pengetahuan," tambah Rodrigues Moreira.

Kisah Nicolinha yang Jatuh Cinta dengan Langit

Nicolinha dan keluarganya tinggal di Fortaleza, sebelumnya mereka berada di Maceio. Tapi semenjak Nicolinha mendapatkan beasiswa untuk masuk sekolah bergengsi, mereka memutuskan pindah. Ayahnya adalah ahli komputer sementara ibunya bekerja di dunia kerajinan.

"Ketika dia masih dua tahun, dia akan mengangkat tangannya ke langit dan meminta saya 'Mama, ambilkan aku bintang!'," ucap Zilma Janaca (43) sang ibunda.

Mereka semakin memahami bahwa Nicolinha memang sudah jatuh cinta dengan dunia astronomi ketika ia meminta hadiah teleskop untuk ulang tahunnya yang ke-4.

Nicolinha sangat ingin mendapatkan teleskop sehingga dia membujuk orangtuanya bahwa dia rela menukar semua pesta ulang tahunnya di masa depan untuk memiliki benda tersebut. Namun, hadiah seperti itu terlalu mahal untuk keluarga dan gadis itu. Ketika dia berusia 7 tahun, barulah Nicolinha dan semua temannya mengumpulkan uang untuk membeli teleskop.

Saat melanjutkan studinya, Nicolinha mendaftar di kursus astronomi yang harus menurunkan batas usia siswa dari 12 tahun.

Pencapaian lain Nicolinha adalah saat Nicolinha mewawancarai tokoh berpengaruh seperti astronom Brasil Duilia de Mello, yang mengambil bagian dalam penemuan supernova yang disebut SN 1997D. Tahun lalu, Oliveira melakukan perjalanan ke Brasilia untuk bertemu dengan menteri ilmu pengetahuan serta dengan astronot Marcos Pontes, satu-satunya orang Brasil hingga saat ini yang pernah ke luar angkasa.

Adapun ambisinya sendiri, Nicolinha ingin menjadi insinyur dirgantara. Kalau di Indonesia, kita mengenalnya profesi yang mirip-mirip B.J Habibie.

"Saya ingin membuat roket. Saya ingin pergi ke Kennedy Space Center di NASA di Florida untuk melihat roket mereka," serunya bersemangat.

"Saya juga ingin semua anak di Brasil memiliki akses ke sains," harapnya. Demikian mengutip dari Science Alert.

(ask/ask)