Minggu, 30 Jun 2019 06:13 WIB

Mantan Anak Magang NASA Punya Video Langka Pendaratan di Bulan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Pendaratan manusia pertama di Bulan. Foto: NASA Pendaratan manusia pertama di Bulan. Foto: NASA
Jakarta - Video langka detik-detik Neil Armstrong, manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan, akan dilelang dalam waktu dekat. Siapa sangka video itu justru dimiliki oleh seseorang yang dulunya magang di NASA.

Misi Apollo 11 mencatat 20 Juli 1969 jadi hari bersejarah. Ketika itu, astronot NASA Neil Armstrong dan Buzz Aldrin berhasil mendarat dan menapakkan kaki di Bulan. Momen tersebut direkam oleh NASA lewat videotape.




Kemudian ada sosok Gary George, anak magang NASA, yang diketahui memborong lebih dari 1.100 videotape NASA seharga USD 218 di dalam sebuah acara lelang pada 1976.

Nah, rupanya dari sejumlah videotape yang diborong George itu ada tiga di antaranya yang merupakan dokumentasi sangat langka. Salah satunya berisikan kata-kata Armstrong di Bulan lewat kalimat terkenal, "That's one small step for man, one giant leap for mankind."

Kini, kaset-kaset video tersebut akan dilelang oleh Sotheby's di New York, Amerika Serikat (AS) pada 20 Juli nanti. Juru bicara Sotheby's berharap videotape bersejarah itu bisa terjual sampai USD 2 juta, atau sekitar Rp 28,2 miliar.




Estimasi itu bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, ada kolektor yang mau membeli tas ritsleting bertuliskan "lunar sample return", lengkap dibubuhi debu Bulan, yang dipakai Armstrong seharga USD 1,8 juta.

Sebelumnya, NASA mengaku pada 2006 silam kalau mereka tidak menemukan rekaman video asli momen pendaratan di Bulan. Sementara itu, terkait pelelangan ini, NASA sebagaimana detikINET kutip dari Reuters, Minggu (30/6/2019), tidak mau berkomentar.




Simak Video "Namamu Bisa Diterbangkan ke Mars oleh NASA, Begini Caranya!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)