Elon Musk Semprot Jeff Bezos: Gugat NASA Tak Bisa Membawamu ke Bulan

Elon Musk Semprot Jeff Bezos: Gugat NASA Tak Bisa Membawamu ke Bulan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 29 Sep 2021 12:15 WIB
Elon Musk vs Jeff Bezos
Elon Musk ke Jeff Bezos: Menggugat NASA Tidak Akan Membawamu ke Bulan Foto: Dok. Detik
Jakarta -

Elon Musk tidak senang melihat Jeff Bezos dan Blue Origin menggugat NASA dan mencoba menghentikan pengembangan proyek luar angkasa SpaceX. Bos SpaceX dan Tesla ini punya pesan khusus untuk Bezos dan Blue Origin.

"Ia harus mengerahkan lebih banyak tenaganya untuk bisa terbang ke orbit daripada melayangkan gugatan," kata Musk dalam wawancara dengan Kara Swisher di Code Conference, seperti dikutip dari Cnet, Rabu (29/9/2021).

"Gugatan hukum tidak bisa membawamu ke Bulan, tidak peduli seberapa bagus pengacaramu," sambungnya.

Seperti diketahui, pada bulan April lalu NASA memilih SpaceX untuk menyediakan kendaraan yang akan membawa astronaut ke Bulan pada tahun 2024 sebagai bagian dari misi Artemis. SpaceX mengalahkan dua perusahaan lainnya yang ikut dalam lelang proyek ini, Blue Origin dan Dynetics.

NASA awalnya berencana memilih dua perusahaan, tapi karena keterbatasan dana akhirnya hanya memilih satu perusahaan. Merasa keputusan NASA tidak adil, Blue Origin yang merupakan perusahaan milik Bezos kemudian melayangkan aduan ke pengadilan federal.

Selain mengomentari gugatan yang dilayangkan Bezos dan Blue Origin, Musk juga menyindir perjalanan antariksa mereka yang hanya sampai ke ketinggian suborbital.

Pada bulan Juli lalu, Bezos dan Blue Origin meluncur ke tepian luar angkasa untuk pertama kalinya. Keduanya mengikuti langkah Richard Branson dan Virgin Galactic yang sudah terbang duluan.

Penerbangan suborbital dianggap kurang bergengsi karena tidak benar-benar mencapai luar angkasa, hanya sampai ketinggian sekitar 100 km. Berbeda dengan SpaceX yang belum lama ini berhasil membawa empat astronaut amatir ke ketinggian 575 km.

"Suborbital adalah langkah menuju orbit," kata Musk diikuti dengan tawa dari audiens.

"Tapi melakukan sesuatu di luar angkasa itu hal yang bagus. Saya pikir cukup keren melihat mereka mengeluarkan uang untuk perkembangan kemajuan luar angkasa," imbuhnya.



Simak Video "Imbas Beri Kontrak ke SpaceX Elon Musk, NASA Digugat Jeff Bezos"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)