Foto Spektakuler Aurora Selimuti Bumi, Dijepret dari Antariksa

Foto Spektakuler Aurora Selimuti Bumi, Dijepret dari Antariksa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 29 Sep 2021 10:15 WIB
Aurora
Penampakan spektakuler aurora. Foto: Thomas Pesquet (ESA)
Jakarta -

Astronaut di stasiun antariksa International Space Station (ISS) bisa menyaksikan pemandangan keren Planet Bumi setiap hari. Salah satu fenomena menarik yang mereka lihat adalah aurora.

Terbaru, astronaut European Space Agency (ESA), Thomas Pesquet, membagikan foto spektakuler aurora seakan menyelimuti Bumi, dari titik 240 kilometer di atas sana. Pesquet sudah sering membagikan foto tapi yang satu ini disebut salah satu yang terbaik.

Foto yang diambil pada akhir Agustus tersebut memperlihatkan cahaya hijau aurora tinggi di atmosfer sementara di kejauhan, ada sinar kemerahan. Sedangkan di bawahnya adalah area awan-awan yang berarak di atas lautan.

"Aurora, tapi yang satu ini istimewa karena ia sangat terang. Bulan Purnama menyinari bagian Bumi yang berbayang sehingga seperti siang hari saja," tulis Pesquet.

Astronaut asal Perancis itu tidak memberi informasi di mana lokasi aurora tersebut. Pada umumnya, aurora berasal dari partikel yang dipancarkan Matahari dan menabrak Bumi. Partikel tersebut dialirkan ke kutub oleh medan magnet Bumi, lalu berinteraksi dengan atmosfer.

Seperti dikutip detikINET dari Science Alert, partikel angin Matahari itu selalu menerpa Bumi, tapi terkadang Matahari mengirimkan dalam skala besar sehingga tampaklah aurora mengagumkan seperti yang dijepret oleh Pesquet.

Siapa pun yang berada di orbit Bumi dapat melihat pemandangan aurora semacam itu. Belum lama ini, astronaut amatir yang terbang dalam kapsul SpaceX dalam misi Inspiration4 juga menyaksikannya.

"Saya tidak kaget dengan adanya aurora, tapi terkagum pada betapa sungguh menakjubkannya fenomena ini, melihatnya dengan mata kepala sendiri," kata Megan McArthur, astronaut NASA yang berada di ISS bersama Pesquet.



Simak Video "2 Kali Tertunda, Astronaut Jerman Siap Terbang ke ISS"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)