5 Ikan Berwujud Paling Aneh, Ada dari Indonesia - Halaman 2

5 Ikan Berwujud Paling Aneh, Ada dari Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 14 Sep 2021 05:45 WIB
ikan aneh
Hewan aneh, ikan bermuka mirip babi. (Foto: Facebook Isola d'Elba App)

3. Hiu muka babi

ikan anehHiu muka babi (Foto: Facebook Isola d'Elba App)

Ini hewan dari hasil perkawinan silang kah? Sebabnya, hewan ini adalah hiu yang memiliki wajah mirip babi. Makhluk yang tidak biasa itu terlihat mengambang di atas air dan ditemukan oleh awak kapal angkatan laut yang sedang berlabuh di Darsena Medicea, yang terletak di Kota Portoferraio, Pulau Elba, Italia.

Dikutip dari NDTV, setelah dicek lebih teliti oleh orang-orang yang punya keahlian di bidang fauna laut, ternyata hewan itu sebenarnya adalah angular roughshark atau Oxynotus centrina. Mereka biasanya menghuni kedalaman laut 700 meter di bawah ombak. Hewan ini termasuk golongan binatang yang terancam punah.


4. Ikan mirip alien

hiu pemotong kueHiu pemotong kue (Foto: Pally/Alamy Stock via Live Science)

Cookiecutter shark atau hiu pemotong kue dikenal dengan kemampuannya merobek hingga potongan kecil tubuh hewan bahkan yang ukurannya lebih besar darinya. Dinamakan begitu karena dia benar-benar beringas.

Ikan bermata hijau dan berwajah menyeramkan ini dapat tumbuh hingga berukuran 50 cm. Makhluk aneh penghuni laut dalam tersebut menggunakan gigi runcing mereka untuk memakan hiu putih besar yang berukuran 10 kali lipat dari ukuran mereka, bahkan bisa menggigit potongan daging manusia.


5. Hiu berwajah manusia

Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan di Rote Ndao, NTT (dok Istimewa)Viral ikan berwajah mirip manusia (dok Istimewa)

Temuan hiu berwajah mirip manusia di Rote Timur, NTT menjadi viral. Tapi bukan hal yang mengejutkan, ada alasan di baliknya. Ilmuwan mengatakan itu dikarenakan kelainan genetik.

"Itu memang bayi hiu. Jenis hiu yang seperti itu memiliki kelainan genetik," kata Fahmi, peneliti Pusat Penelitian Oceanografi LIPI kepada detikINET, Rabu (24/2/2021).

Menurut Fahmi sebagian hiu bertelur dan sebagian lagi beranak. Untuk jenis yang ditemukan di Rote Timur ini adalah hiu yang beranak dari jenis Black Tip. Indonesia punya 4 spesies Black Tip dari yang kecil di Karimunjawa sampai yang agak besar di tengah lautan Samudera Hindia dan Laut Banda.

(ask/fay)