Viral Nelayan Tangkap Ikan Bergigi Mirip Manusia

Viral Nelayan Tangkap Ikan Bergigi Mirip Manusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 06 Agu 2021 05:45 WIB
Ikan sheepshead
Ikan bergigi mirip manusia yang viral. Foto: Facebook
Jakarta -

Seekor ikan aneh jadi viral di media sosial dan bikin takut sebagian netizen. Pasalnya, gigi ikan tersebut baik pada bagian atas maupun bawah mulut terlihat sangat mirip dengan gigi manusia.

Awalnya, seorang nelayan bernama Nathan Martin di South Mills, North Carolina, berburu ikan seperti biasa di laut. Na, mendadak jaringnya menangkap ikan yang tidak biasa dan bentuknya aneh. Selain giginya yang unik, mulutnya pun mirip mulut domba.

Seperti dikutip detikINET dari News Observer, Jumat (6/8/2021) ikan itu lalu diposting Nathan di Facebook dan langsung viral. Ada ribuan Like dan ratusan komentar berdatangan dari para netizen. "Ikan itu kok giginya lebih bagus daripada aku ya?" tanya seorang netizen.

"Giginya banyak ya dan tampaknya sudah perlu dibersihkan. Kunjungi dokter gigi," kata netizen
"Aku belum pernah melihat ikan seperti ini sebelumnya. Aku tak ingin memakannya," demikian tertera di komentar lainnya.

Ikan sheepsheadIkan sheepshead dari samping. Foto: Facebook

Netizen lain mengenalinya sebagai ikan bernama sheepshead atau nama ilmiahnya Archosargus probatocephalus. Menurut artikel di Scientific American, ikan ini jenisnya omnivora alias pemakan segala sehingga giginya cukup mirip dengan manusia.

Dagingnya dapat dimakan dan habitatnya cukup luas. Biasanya ikan ini ditemukan di Laut Atlantik bagian barat. Sedangkan konsentrasi terbesar ikan sheepshead berada di Florida, Amerika Serikat.

Ikan sheepshead dapat tumbuh sampai sepanjang 76 centimeter, namun pada umumnya ada di rentang 30 sampai 50 centimeter. Beratnya kira-kira 1,8 kilogram, akan tetapi ada juga yang bobotnya sampai 6,8 kilogram. Nathan sendiri yang menangkap ikan itu ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa dia sudah menyantapnya dan menurutnya lezat rasanya.



Simak Video "11 Nelayan di Sulbar Terciduk Gunakan Bom saat Tangkap Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)