NASA Pastikan Asteroid Suatu Saat Akan Menabrak Bumi

NASA Pastikan Asteroid Suatu Saat Akan Menabrak Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 27 Agu 2021 05:42 WIB
Asteroid yang terdeteksi mendekati bumi
Ilustrasi asteroid akan menabrak Bumi (Foto: NASA)
Jakarta -

Asteroid adalah benda angkasa yang umum ditemukan di atas sana. Terkadang asteroid itu menabrak Bumi, baik yang kecil dan kadang juga yang besar. Pertanyaannya, apakah manusia perlu cemas dengan ancamannya?

Belum lama ini, NASA merilis video dengan judul apakah asteroid suatu saat akan menabrak Bumi? Jawabannya adalah IYA. Hal serupa sudah terjadi di masa lalu dan juga akan demikian halnya di masa depan.

"Ya, asteroid menabrak Bumi dalam perjalanan sejarahnya dan akan terjadi lagi. Debu antariksa, meteor, bahkan asteroid kecil menabrak Bumi sangat sering," jawab ilmuwan NASA, Kelly Fast dilansir Cnet, Jumat (27/8/2021).

Namun orang tidak perlu khawatir, sebab asteroid yang menimbulkan dampak atau bahaya pada permukaan Bumi adalah peristiwa sangat langka. "Hal ini terjadi dalam skala waktu ratusan sampai ribuan juta tahun sekali," papar Kelly.

Tentu tabrakan asteroid paling terkenal adalah yang memusnahkan dinosaurus pada sekitar 66 juta tahun silam. Nah, peristiwa maha dahsyat semacam itu tidak perlu dikhawatirkan akan terjadi lagi dalam waktu dekat.

Pada bulan Juli silam, periset dari Southwest Research Institute mengkalkulasi bahwa tumbukan asteroid yang serupa dengan bencana dinosaurus itu terjadi hanya sekali dalam 250 juta tahun. Artinya, peluangnya begitu kecil.

NASA sendiri dan lembaga antariksa lain mengawasi pergerakan asteroid dan memperkirakan bagaimana dampaknya pada planet ini. Setidaknya sampai satu abad mendatang, diprediksi tidak akan ada bahaya besar yang ditimbulkan oleh tabrakan asteroid.

Akan tetapi langkah antisipasi tetap dilakukan. NASA sedang menguji coba bagaimana cara menghancurkan asteroid yang suatu saat bisa mengancam planet ini, misalnya dengan menabrakkan pesawat ke obyek tersebut. Jadi jangan khawatir ya!



Simak Video "Penjelasan NASA soal Kemungkinan Asteroid Hantam Bumi di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)