Jeff Bezos Diminta Jangan Sering Tiru Elon Musk, Kenapa?

Jeff Bezos Diminta Jangan Sering Tiru Elon Musk, Kenapa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 31 Jul 2021 13:40 WIB
Blue Origin Jeff Bezos
Jeff Bezos Diminta Jangan Sering Tiru Elon Musk Foto: AP
Jakarta -

Jeff Bezos berambisi menguasai luar angkasa bersama Blue Origin. Tapi sepertinya Bezos dan Blue Origin berusaha mewujudkan mimpinya dengan meniru kompetitor, khusunya Elon Musk dan SpaceX.

Hal ini terungkap lewat laporan terbaru dari Ars Technica yang menyebutkan bahwa Blue Origin sedang mengembangkan proyek roket baru bernama Project Jarvis. Rupanya proyek ini dikembangkan untuk meniru sistem roket Starship milik SpaceX, termasuk srategi uji coba mereka yang dilakukan dengan cepat dan sering berakhir dengan ledakan.

Ars Technica melaporkan, karyawan Blue Origin bahkan sampai mengingatkan Bezos untuk tidak meniru strategi SpaceX dan Musk yang dianggap kacau karena tidak akan berhasil.

Ars Technica awalnya menyelidiki rumor yang mengatakan Blue Origin merombak sistem roket New Glenn yang telah lama tertunda untuk mengganti materialnya dari aluminium alloy menjadi stainless steel.

Strategi ini mirip seperti yang dilakukan oleh SpaceX yang membuat roket Starship dari bahan stainless steel. Rumor tersebut ternyata tidak benar, tapi Blue Origin kabarnya akan membuat tangki bahan bakar dari stainless steel.

Blue Origin juga berencana membuat upper dan second stage roket New Glenn agar bisa digunakan kembali untuk menghemat biaya. Cara ini juga mirip seperti ambisi SpaceX yang merancang booster Super Heavy dan second stage Starship agar bisa digunakan kembali setiap selesai misi.

Dalam penyelidikan tersebut, Ars Technica menemukan masalah internal di Blue Origin yang disebabkan oleh obsesi Bezos terhadap kesuksesan Elon Musk dan SpaceX. Bezos kabarnya sering melihat uji coba roket Starship dan meminta karyawan Blue Origin untuk melakukan hal yang sama.

Karyawan Blue Orgin mencoba memperingatkan Bezos bahwa cara SpaceX menguji prototipe Starship dengan cepat, dan kadang berakhir dengan ledakan, tidak akan sesuai dengan cara kerja Blue Origin, seperti dikutip dari Futurism, Sabtu (31/7/2021).

Bezos justru merespons peringatan karyawannya dengan merahasiakan sebagian pengembangan dan meminta pemimpin tim di Blue Origin untuk berinovasi dengan cepat tanpa perlu memikirkan manajemen dan urusan logistik.

Persaingan Jeff Bezos dan Elon Musk dalam mengembangkan teknologi luar angkasa memang sudah menjadi rahasia umum. Perusahaan keduanya bahkan sering bentrok saat memperebutkan kontrak dari NASA.



Simak Video "Imbas Beri Kontrak ke SpaceX Elon Musk, NASA Digugat Jeff Bezos"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)