Mimpi ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Pernah Ditertawakan

Mimpi ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Pernah Ditertawakan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Jul 2021 07:15 WIB
Blue Origin Jeff Bezos
Jeff Bezos (tengah). Foto: AP
Jakarta -

Jeff Bezos belum lama ini berhasil mewujudkan mimpinya untuk terbang ke luar angkasa. Rupanya ia pernah ditertawakan saat mengungkapkan mimpinya itu ke publik.

Bezos pernah membicarakan mimpinya untuk terbang ke luar angkasa dalam wawancara dengan Charlie Rose pada tahun 2000. Orang terkaya di dunia itu ditanya apa yang akan ia lakukan kalau tidak menjadi CEO Amazon.

"Jadi, jika saya bisa melakukan apapun -- dan ternyata ini adalah masalah teknis yang sangat sulit, jadi saya tidak terlalu berharap banyak -- tapi jika saya bisa melakukan apapun, saya ingin membantu eksplorasi luar angkasa," jawab Bezos, seperti dikutip dari Cnet, Jumat (30/7/2021).

Saat diminta untuk menjelaskan detailnya, Bezos mengatakan ia ingin terbang ke luar angkasa menggunakan roket dan melihat-lihat apa yang ada di atas sana. Jawaban Bezos ini kemudian membuat Rose dan audiens di studio tertawa.

Saat itu membayangkan seorang bos toko buku online bisa pergi ke luar angkasa memang cukup aneh. Tapi dua dekade kemudian Jeff Bezos berhasil mewujudkan mimpinya tersebut.

Bezos juga mengatakan bahwa dalam 20 tahun ke depan akan ada perubahan teknologi yang signifikan sehingga memudahkan orang-orang untuk pergi ke luar angkasa.

Dan perkiraannya tersebut ternyata tidak meleset jauh karena saat ini sudah ada tiga perusahaan yang menawarkan penerbangan ke luar angkasa untuk warga sipil yaitu SpaceX, Virgin Galactic, dan Blue Origin yang didirikan oleh Bezos.

Wawancara Bezos dengan Rose ditayangkan pada akhir Juni 2000. Bezos kemudian mendirikan Blue Origin pada bulan September pada tahun yang sama.

Mungkin saat wawancara tersebut Bezos sudah serius memikirkan cara untuk mewujudkan mimpinya terbang ke luar angkasa, tapi ia tidak membagikan informasi tentang Blue Origin kepada Rose.

Seperti diketahui, Bezos terbang ke luar angkasa pada 20 Juli lalu menggunakan roket New Shepard buatan Blue Origin. Itu adalah penerbangan berawak pertama yang diluncurkan Blue Origin dan berhasil mencapai ketinggian 100 km.

Dalam penerbangan itu, Jeff Bezos ditemani oleh saudaranya Mark, pionir penerbangan berusia 82 tahun Wally Funk, dan remaja berusia 18 tahun asal Belanda Oliver Daemen



Simak Video "Persiapan Jeff Bezos Jelang Perjalanan ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)