Terkuak, Misi Sesungguhnya Manusia Terkaya Melesat ke Antariksa

Terkuak, Misi Sesungguhnya Manusia Terkaya Melesat ke Antariksa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 24 Jul 2021 17:27 WIB
Blue Origin Jeff Bezos
Jeff Bezos (kedua dari kanan). Foto: AP
Jakarta -

Jeff Bezos, manusia terkaya di dunia, telah berhasil melesat ke antariksa dengan roket New Shepard besutan Blue Origin. Kesuksesan itu membuka jalan bagi orang sipil yang membayar tiket, untuk nanti merasakan pengalaman yang sama. Namun misi Jeff Bezos sesungguhnya jauh lebih besar daripada itu.

Bezos memimpikan bahwa di masa depan, manusia akan tinggal di luar angkasa alias membangun koloni di atas sana. Hal itu tertuang pula dalam visi Blue Origin.

"Dalam rangka menjaga Bumi, Blue Origin percaya bahwa umat manusia akan perlu untuk berekspansi, mengeksplorasi, menemukan energi baru dan sumber material dan memindahkan industri yang menekan Bumi ke antariksa," tulis Blue Origin.

Bezos pernah mengungkapkan ambisinya suatu saat bisa membangun struktur tempat tinggal manusia yang sangat besar. Masing-masing dari struktur itu bisa menampung sampai sejuta manusia.

Bahkan pendiri Amazon itu pernah menyebut dirinya ingin 1 triliun manusia menjadi penduduk koloni antariksa tersebut, sebagian di antaranya orang genius.

"Sistem tata surya bisa mendukung 1 triliun manusia dan kemudian kita akan memiliki 1.000 Mozart dan 1.000 Einstein. Pikirkan bagaimana menakjubkan dan dinamisnya peradaban ini," kata Bezos di New York pada tahun 2019.

"Tapi jika kita ingin punya itu, kita harus keluar ke sistem tata surya. Kalian harus menangkap lebih banyak sinar matahari dan kita akan menggunakan semua sumber daya yang ada di angkasa dalam hal mineral dan tak hanya energi. Sangat bisa dilakukan, tapi kita harus mulai," tandasnya.