Pesawat Paling Dekat Matahari, Berapa Jaraknya?

Pesawat Paling Dekat Matahari, Berapa Jaraknya?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 19 Jun 2021 13:30 WIB
parker solar probe penjelajah matahari nasa
Pesawat antariksa terdekat Matahari. Foto: NASA
Jakarta -

Matahari sumber panas untuk kehidupan di Bumi. Pernah terbayang jarak terdekat untuk mendekati Matahari dengan aman? Pesawat-pesawat ini punya jawabannya.

Dari sejarah, sudah ada beberapa pesawat yang dikirim untuk misi mengamati Matahari dari jarak terdekat. Paling dikenang adalah dua pesawat antariksa Helios yang bahkan menetapkan rekor kecepatan maksimum untuk pesawat ruang angkasa 252.792 km/jam (157.078 mph; 70.220 m/s) pada masanya. Pesawat itu dinamakan Helios-A dan Helios-B.

Melansir situs resmi NASA, Helios-B terbang 3 juta kilometer lebih dekat ke Matahari daripada Helios-A dan mencapai perihelion 17 April 1976 pada jarak 0,29 AU (sekitar 27 juta mil atau 43,432 juta kilometer), jarak yang menjadikan Helios 2 pemegang rekor pada waktu itu untuk terbang lintas terdekat Matahari.

Helios-B dikirim ke orbit 13 bulan setelah peluncuran Helios-A. Pesawat luar angkasa Helios menyelesaikan misi utama mereka pada awal 1980-an tetapi terus mengirim data hingga 1985.

Di era modern, ada Solar Orbiter yang diterbangkan pada 20 Februari 2020 menggunakan roket Atlas V dari landasan Cape Canaveral, Florida. Ia dirancang menjalankan misi selama 7 tahun.

Solar Orbiter adalah wahana buatan Airbus Defence and Space yang dibekali beragam teknologi untuk meneliti Matahari. Ia dibuat dengan material khusus agar tak terpanggang oeh sinar sang Surya dan juga tahan terhadap suhu sangat rendah. Pada saat perjalanannya, Solar Orbiter berada di antariksa bersuhu sangat dingin, minus ratusan derajat Celcius.

Mendekati Matahari, tentu harus dibuat sistem pelindung yang mumpuni. Apalagi pada jarak terdekat nanti, Solar Orbiter 'hanya' akan berjarak 42 juta kilometer. Dikutip detikINET dari Live Science, Solar Orbiter dibekali perisai penahan panas seberat 150 kilogram. Tak main-main, ia dapat bertahan menghadapi panas sampai 520 derajat Celcius.

Namun kedekatan Solar Orbiter dan Helios 2 ke Matahari bisa dibilang belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kedekatan Parker Solar Probe. Diterbangkan pada tahun 2018, Parker Solar Probe kini menjadi wahana yang paling dekat dengan Matahari dan kecepatannya paling tinggi di antara pesawat antariksa yang lain.

Pada 29 April silam, wahana tersebut berada dalam jarak terdekat dengan Sang Surya, yaitu 10 juta kilometer dari permukaannya. Pada saat itu, kecepatannya tembus 150 kilometer per detik, membuatnya menjadi pesawat antariksa tercepat sepanjang masa.

Parker Solar Probe masih akan terus mendekati Matahari sehingga terus mengukir rekor sebagai wahana yang paling dekat dengannya. Pada jarak terdekat, diperkirakan ia kurang dari 7 juta kilometer dari Matahari.



Simak Video "Pesawat NASA Catat Rekor Paling Cepat dan Terdekat dengan Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)