7 Fakta Pesawat NASA yang Mau 'Sentuh' Matahari

7 Fakta Pesawat NASA yang Mau 'Sentuh' Matahari

Tim - detikInet
Sabtu, 08 Mei 2021 22:32 WIB
parker solar probe penjelajah matahari nasa
Ilustrasi Parker Solar Probe. Foto: NASA
Jakarta -

Parker Solar Probe adalah pesawat antariksa NASA yang akan berusaha sedekat mungkin mencapai Matahari. Berikut fakta menarik tentangnya, yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber:

1. Pada 29 April silam, wahana tersebut berada dalam jarak terdekat dengan Sang Surya, yaitu 10 juta kilometer dari permukaannya. Pada saat itu, kecepatannya tembus 150 kilometer per detik, membuatnya menjadi pesawat antariksa tercepat sepanjang masa. Pada jarak terdekat nantinya, diperkirakan jaraknya kurang dari 7 juta kilometer dari Matahari.

2. Parker diterbangkan dari Cape Canaveral, Florida, pada Minggu (12/8/2018) malam. Parker menjadi pesawat luar angkasa pertama yang namanya diambil dari tokoh yang masih hidup. Adalah Eugene Parker, seorang astrofisikawan yang namanya diambil untuk kendaraan antariksa tersebut. Parker merupakan orang pertama mendeskripsikan angin surya (solar wind) pada 1958.

3. Dalam waktu sekitar 7 tahun ke depan, Parker Solar Probe akan mengitari Matahari selama 24 kali untuk mempelajari korona, lapisan terluar atmosfer Matahari. Parker akan menembus lapisan terluar dari atmosfer Matahari tersebut dan akan berada sekitar 6,16 juta kilometer dari permukaan satu-satunya Bintang di dalam sistem Tata Surya tersebut.

4. Pelindung panas Parker bernama Thermal Protection System (TPS), ketebalannya sekitar 11 centimeter. Sedangkan diameter pelindung tersebut memiliki panjang 243 centimeter. Walau pelindung panas tersebut terpapar panas hampir jutaan derajat Celsius, namun suhu di permukaannya hanya akan menyentuh 1.400 derajat Celsius. Sedangkan bodi pesawat antariksa di balik pelindung akan terjaga di level 30 derajat Celsius.

5. Parker ditujukan untuk meneliti Matahari sedekat mungkin. Sebelum Parker diluncurkan, jarak terdekat dengan Matahari yang berhasil dicapai oleh wahana antariksa adalah 43 juta km yang dicatat oleh Helios 2 pada 1976.

6. Kecepatan Parker Solar Probe mampu mencapai 700.000 kilometer per jam. Sebagai perbandingan, pesawat Lockheed SR-71 Blackbird sebagai pemegang rekor dunia untuk kecepatan tertinggi di udara, 'hanya' mampu menyentuh 3.529 kilometer per jam.

7. Parker Solar Probe telah merekam beberapa temuan penting. Terbaru, ia menangkap sinyal radio alami yang misterius di Venus. Misi dari Parker memang berada di dekat Matahari tapi untuk itu, ia perlu memperlambat kecepatannya. Hal ini dilakukan dengan terbang cukup dekat ke Venus sehingga gravitasi dan atmosfernya akan menurunkan kecepatan. NASA juga melihat ini sebagai kesempatan untuk mengukur atmosfer Venus untuk pertama kalinya dalam hampir 30 tahun.



Simak Video "Pesawat NASA Catat Rekor Paling Cepat dan Terdekat dengan Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)