NASA Ajak Kamu Beri Nama Boneka yang Dibawa ke Bulan

NASA Ajak Kamu Beri Nama Boneka yang Dibawa ke Bulan

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 17 Jun 2021 11:10 WIB
misi ke bulan
NASA Ajak Kamu Beri Nama Boneka yang Dibawa ke Bulan. Foto: DPA
Jakarta -

NASA sedang mempersiapkan misi Artemis I untuk mengirim manusia kembali ke Bulan. Tapi untuk percobaan, mereka akan mengirimkan boneka terlebih dahulu. Nah, untuk nama bonekanya sendiri, NASA mengajak kalian memilihnya.

Misi Artemis I atau disebut juga Moonkin, akan menyertakan model anatomi untuk diluncurkan, menggantikan manusia di atas roket Space Launch System (SLS) dan pesawat ruang angkasa Orion. Orang-orangan ini akan diuji untuk akhirnya digunakan oleh manusia dalam misi Artemis II.

NASA memang sering menggunakan manusia dalam skenario pelatihan, seperti menguji apakah astronot mampu melakukan intervensi medis darurat atau tidak.

Seperti dikutip dari Jerusalem Post, Moonkin bukanlah satu-satunya yang ikut dalam misi ini. Di atas kapal luar angkasa yang membawanya, akan ada juga dua model anatomi lainnya yang dikenal sebagai "phantom torsos."

Dinamakan Helga dan Zohar, keduanya akan duduk di bagian bawah pesawat dan akan mengambil bagian dalam Matroshka AstroRad Radiation Experiment (MARE). Eksperimen ini dimaksudkan untuk mengukur radiasi ruang angkasa yang dapat dialami astronot dalam misi ke Bulan, serta menguji kegunaan rompi AstroRad.

Untuk rompinya sendiri, dibuat oleh perusahaan StemRad yang berbasis di Tel Aviv, Israel yang berkolaborasi dengan Lockheed Martin. Rompi AstroRad dirancang untuk menjadi alat pelindung diri untuk melindungi astronot dari paparan radiasi luar angkasa di luar magnetosfer Bumi.

Sementara Helga dan Zohar sudah punya nama yang dipilihkan oleh German Aerospace Center (DLR) dan ISA, Moonkin belum memilikinya. NASA pun meminta bantuan publik dan para pencinta astronomi untuk memilihkan nama yang cocok untuk Moonkin lewat media sosial.

Mulai 16 Juni, NASA lewat Twitter, Facebook, dan Instagram meminta kalian memilih salah satu dari dua nama yang sudah dipikirkan sebelumnya. Dua nama yang disodorkan ini tentu saja punya arti.

Yang pertama adalah ACE, singkatan dari Artemis Crew Explorer yaitu Campos, didedikasikan untuk Arturo Campos, yang membantu membawa pulang Apollo 13. Nama kedua adalah Wargo, penghargaan untuk kepala ilmuwan eksplorasi pertama NASA Michael Wargo.

Hasil akhir dari pilihan nama ini rencananya akan diumumkan pada 29 Juni 2021. Buat yang tidak mau ketinggalan tentang update misi Artemis, kalian bisa ikuti @NASAArtemis di Twitter, Facebook, dan Instagram.



Simak Video "Baju Astronaut Belum Jadi, Misi NASA ke Bulan Terancam Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)