Ini Dia Foto Pertama Bulan Terbesar di Tata Surya

Ini Dia Foto Pertama Bulan Terbesar di Tata Surya

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 09 Jun 2021 10:33 WIB
ganymede
Foto: NASA
Jakarta -

Juno menjadi pesawat luar angkasa terdekat yang pernah datang ke Ganymede. Berada pada jarak 1.038 kilometer dari Ganymede, Juno pun tak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan Bulan terbesar di tata surya tersebut.

Dikutip dari The Guardian, terakhir kali sebuah pesawat luar angkasa bisa datang sedekat itu ke Ganymede adalah di tahun 2000, ketika pesawat luar angkasa Galileo NASA "menyapu" permukaannya.

Keberhasilan Juno mendekati Bulan terbesar milik Jupiter tersebut terekam dalam dua foto yang memperlihatkan penampakan kawah dan fitur Bulan yang panjang dan sempit. Tampilan ini mungkin terkait dengan patahan tektonik. Salah satu foto, menunjukkan sisi jauh Bulan yang berlawanan dengan Matahari.

GanymedeBulan Ganymede saat pesawat Juno melewatinya. Foto: NASA

"Ini adalah pesawat luar angkasa terdekat yang pernah datang ke Bulan raksasa ini dalam satu generasi," kata ilmuwan utama Juno, Scott Bolton dari Southwest Research Institute di San Antonio.

"Kita akan meluangkan waktu sebelum menarik kesimpulan ilmiah, tetapi sampai saat itu kita dapat mengagumi keajaiban surgawi ini, satu-satunya Bulan di tata surya kita yang lebih besar dari planet Merkurius," sambungnya.

GanymedeGambar NASA menunjukkan sisi gelap Ganymede saat Juno melintas. Foto: NASA

Ganymede adalah salah satu dari 79 bulan yang diketahui berada di sekitar Jupiter sang raksasa gas. Astronom Italia Galileo Galilei menemukan Ganymede pada tahun 1610, bersama dengan tiga bulan terbesar Jupiter lainnya.

Sedangkan misi Juno yang diluncurkan satu dekade lalu, tercatat telah mengorbit Jupiter selama lima tahun. Juno memag memiliki misi utama mempelajari Jupiter. Namun dia juga akan melihat lebih dekat Bulan-Bulan milik planet lainnya. Selain Ganymede, tahun depan ia akan terbang melewati empat Bulan besar lainnya, termasuk Europa, setelah itu Io.



Simak Video "Ada Uap Air Terdeteksi di Satelit Jupiter Ganymede"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)