Berbagai Kecanggihan Redwing, Drone di The Falcon and the Winter Soldier

Berbagai Kecanggihan Redwing, Drone di The Falcon and the Winter Soldier

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 17 Apr 2021 15:28 WIB
Redwing drone Falcon
Berbagai Kecanggihan Redwing, Drone di The Falcon and the Winter Soldier. Foto: via Screen Rant
Jakarta -

Redwing, drone yang melengkapi Sam Wilson sang Falcon, adalah teknologi yang serbaguna. Berbagai kecanggihan yang dipamerkannya di serial The Falcon and the Winter Soldier membuat aksi Falcon lebih seru.

Peringatan! Tulisan ini mengandung spoiler episode pertama The Falcon and the Winter Soldier. Silakan lanjut kalau kalian sudah menonton.

Dikutip dari Screen Rant, dalam komik asli Captain America and the Falcon, Sam Wilson diceritakan melatih kekuatannya untuk berkomunikasi dengan burung secara telepati setelah terpapar Cosmic Cube. Hal ini memungkinkan Sam untuk melihat melalui mata mereka dan Sam terhubung erat dengan seekor elang yang dia beri nama Redwing.

Kekuatannya juga memungkinkan dia untuk membaca pikiran alien yang telah berevolusi dari spesies burung atau Inhuman dengan fitur mirip burung. Namun Sam jarang menggunakan kekuatannya untuk tujuan ini.

Marvel Cinematic Universe (MCU) menyederhanakannya secara signifikan dengan membekali Sam Wilson kekuatan yang setara seperti dalam komik, melalui Stark Drone MK82 922 V 80Z V2 Prototipe Unit V6, yang disingkat Sam bernama Redwing.

Drone ini secara khusus dirancang untuk berinteraksi dengan jetpack EXO-7 Falcon dan bertindak sebagai agen pengintai. Pada episode perdana The Falcon and the Winter Soldier, Redwing diperlihatkan sangat berguna dan hebat dalam pertarungan, serta memiliki sejumlah alat yang dapat berfungsi ganda sebagai senjata. Apa saja?

Redwing drone FalconFoto: via Screen Rant

Flight

Bisa terbang tentu saja menjadi kekuatan paling jelas yang dimiliki Redwing. Tapi, drone ini tak sekadar terbang di langit mengikuti Sam Wilson. Mengingat ukurannya yang ringkas, Redwing sangat ideal untuk misi pengintaian. Drone ini pun cukup mobile untuk bergerak di ruang sempit (seperti di bawah truk yang berjalan) dengan mudah.

Redwing juga mampu melakukan penerbangan super senyap dan merupakan drone yang sangat tersembunyi mengingat kecepatannya. Dia mampu menjelajahi pasar yang ramai tanpa diketahui. Kekuatan ini juga digunakan Redwing saat mempertahankan kantor pusat IFID di Lagos di film Captain America: Civil War.

Redwing drone FalconFoto: via Screen Rant

Scanner

Sesuai dengan fungsi utamanya sebagai drone pengintai, Redwing dilengkapi dengan kamera 360 derajat definisi tinggi dan software pelacakan khusus untuk memindai area di sekitarnya melalui berbagai spektrum visual, termasuk sinar-X, sinar ultraviolet, dan sinar inframerah.

Redwing dapat mengirimkan data ini langsung ke kacamata Falcon dan HUD personalnya, atau ke anggota Avengers lain. Drone ini pada dasarnya menjadi sepasang mata kedua dan memberi Falcon informasi yang mungkin ada di dalam sebuah bangunan atau kendaraan dan bagaimana musuh di area tersebut dipersenjatai.

Saking kuat dan jelinya, Redwing mampu melacak Ant-Man yang menciut hingga berukuran super mikro ketika Sam mencoba menghentikannya membobol markas Avengers.

Redwing drone FalconFoto: via Screen Rant

Mesin senjata

Meski fungsi utamanya adalah untuk pengintaian, Redwing dibekali sejumlah kemampuan ofensif. Kemampuan ini terbukti menguntungkan, salah satunya diperlihatkan dalam scene ketika Black Widow berselisih dengan teroris yang dipimpin Crossbones selama operasi di Lagos di Captain America: Civil War. Para teroris tidak menyadari Redwing terbang dengan senyap di belakang mereka, dan melesatkan dua tembakan dari mesinnya sehingga Black Widow bisa menangkap senjata biologis yang dicuri teroris sebelum jatuh dan pecah.

Redwing drone FalconFoto: via Screen Rant

Grapping line

Redwing menjadi penyelamat ketika Falcon dan Winter Soldier hampir disingkirkan oleh Spider-Man dari perkelahian sesama Avengers di Captain America: Civil War. Falcon yang saat itu terjerat sarang laba-laba Spider-Man kemudian memanggil Redwing.

Drone itu dengan cepat membantunya mengaitkannya ke pergelangan tangan Spider-Man dengan grapping line atau tali penarik dan menyeret manusia laba-laba tersebut jauh sebelum membanting dan melepaskannya. Tidak diketahui apakah tali penarik ini awalnya ditujukan untuk pertahanan (seperti membawa orang keluar dari bahaya) atau dimaksudkan sebagai senjata.

Selanjutnya: Membelah diri hingga dilengkapi AI

Redwing drone FalconFoto: via Screen Rant

Membelah diri jadi tiga

Dalam Avengers: Infinity War, Redwing menunjukkan kemampuan baru yang menarik, yakni bisa membelah dirinya menjadi tiga drone yang lebih kecil, saat Falcon terbang melewati pasukan Thanos untuk menembus penghalang energi di sekitar Wakanda. Drone ini bergerak cepat dan berkekuatan tangguh sehingga bisa membunuh salah satu pasukan Thanos sambil terbang melalui mereka. Mungkin saja, kemampuan ini adalah produk kecanggihan teknologi Wakanda yang ditambahkan ke Redwing untuk meningkatkan kekuatan tempurnya.

Redwing drone FalconFoto: via Screen Rant

Laser

Episode pertama The Falcon and the Winter Soldier mengungkapkan Redwing punya sejumlah update signifikan setelah pertempuran dengan Thanos di Avengers: Endgame. Salah satu peningkatan ini adalah laser yang mampu menembus pintu pesawat militer yang tertutup rapat. Selain menjadi alat yang berguna, laser ini juga merupakan senjata praktis yang bisa digunakan untuk memotong rotor helikopter kelas militer dalam dua detik.

Redwing drone FalconFoto: via Screen Rant

Roket

Sama seperti jetpack EXO-7 Falcon, Redwing kini dilengkapi dengan sejumlah roket. Rudal ini terletak di kompartemen khusus tepat di belakang kamera Redwing. Dua di antaranya cukup kuat untuk menghancurkan rotor di helikopter dan melesat ke dinding ngarai kemudian meledakkan diri.

Redwing drone FalconFoto: via Screen Rant

Artificial Intelligence

Ketika Redwing menyelamatkan Black Widow di Captain America: Civil War, Black Widow berterima kasih kepada Sam Wilson. Namun Sam memberi tahu Black Widow agar berterima kasih kepada Redwing dan mengelusnya.

Falcon mungkin terlihat sedang bercanda di scene itu, nah di The Falcon dan Winter Soldier, terkonfirmasi bahwa Redwing memang dibekali artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Meski tidak setara dengan Jarvis Tony Stark atau asisten digital Friday, Redwing terbukti mampu bertindak agak independen dalam perkelahian tanpa saran atau perintah spesifik dari Falcon.

Redwing juga berinteraksi dengan sistem komputer EXO-7 Falcon setelah jetpack Falcon tersebut mengalami kerusakan dan mengalihkan kekuatannya untuk mengimbangi pendorong yang rusak.

(rns/rns)