Seperti Iron Man! Baterai HP Masa Depan Bakal Transparan

Serba-serbi Baterai HP

Seperti Iron Man! Baterai HP Masa Depan Bakal Transparan

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 21 Nov 2020 17:42 WIB
HP transparan
Seperti Iron Man! Baterai HP Masa Depan Bakal Transparan (Foto: Istimewa/Screenshot detikINET)
Jakarta -

Menonton Tony Stark di film Iron Man bikin kita terkagum-kagum dengan berbagai kecanggihan teknologi miliknya, salah satunya ponsel yang didesain transparan. Di masa depan, sangat mungkin kita punya HP seperti milik sang Iron Man.

Pasalnya, saat ini sudah ditemukan baterai HP dengan tampilan tembus pandang. Baterai futuristik tersebut dikembangkan tim peneliti dari Kogakuin University, Jepang.

HP transparanBaterai HP transparan yang dikembangkan tim peneliti dari Kogakuin University, Jepang. Foto: Istimewa/Screenshot detikINET

Dikutip dari BGR, mereka membuat baterai yang tak hanya transparan, tapi bisa diisi ulang menggunakan tenaga surya. Awalnya, tim ilmuwan mengembangkan baterai ini dari jenis Lithium Ion. Karena masih menggunakan bahan kimia, tampilan baterai ini jadi tidak sepenuhnya transparan.

Ketika terkena sinar matahari, baterai akan menjadi sedikit berwana, tapi tetap transparan. Namun saat baterai HP habis, cahaya transmitansi akan meningkat.

HP transparanDi masa depan akan ada banyak ponsel transparan seperti milik Tony Stark sang Iron Man. Foto: Istimewa/Screenshot detikINET

Untuk mengurangi kondisi tersebut, para ilmuwan ini menyusutkan kandungan elektroda menjadi 80-90nm sehingga masih memungkinkan cahaya melewatinya. Disebutkan mereka, penelitian mengenai baterai transparan ini dilakukan selama empat tahun sejak sekelompok peneliti dari Stanford University datang dengan konsep baterai tembus pandang dan bisa ditekuk.

Pada 2013, peneliti meluncurkan prototipe baterai hampir transparan yang diisi ulang dengan panel tenaga Matahari secara terpisah. Sejak itu, pengembangan terus dilakukan untuk memungkinkan baterai bisa dibenamkan di ponsel transparan seperti yang dipakai Iron Man. Baterai HP transparan ini didemokan di ajang Innovation Japan pada September 2015.



Simak Video "Cerita Industri Fashion Brand Lokal 'Menjerit' di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)