Fakta Lubang Terdalam Dunia Hujam Bumi 12 Kilometer

Fakta Lubang Terdalam Dunia Hujam Bumi 12 Kilometer

Tim - detikInet
Minggu, 04 Apr 2021 05:35 WIB
Lubaang terdalam dunia di rusia.
Kondisi Kola Superdeep Borehole sekarang. Foto: Pshyorg
Jakarta -

Kola Superdeep Borehole yang terletak di Rusia merupakan lubang terdalam dunia yang digali oleh manusia. Berikut adalah fakta-fakta menariknya yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber:

1. Kola Superdeep Borehole terletak di Rusia. Lubang ini digali pada masa Uni Soviet atas nama sains, sehingga ilmuwan bisa mengetahui apa yang ada di bawah sana. Tak tanggung-tanggung, ia menghujam sejauh 12 kilometer ke bawah tanah, lebih dalam dari palung Mariana. Jika orang menjatuhkan diri, butuh sekitar 3,5 menit mencapai dasarnya.

2. Digali oleh ilmuwan Uni Soviet, kala itu masih masa Perang Dingin. Selain perlombaan ke antariksa, negara superpower rupanya juga berkompetisi menggali ke kedalaman Bumi, bahkan ada ambisi untuk mencapai mantel planet ini. Selain Uni Soviet, Amerika Serikat dan Jerman juga punya proyek penggalian.

3. Proyek lubang terdalam dunia dimulai pada sekitar tahun 1970-an di wilayah Murmanks di lingkaran Arktik. Selama sekitar 20 tahun, mereka berhasil menjangkau kedalaman Bumi hingga 12 kilometer.

Lubang terdalam dunia di Rusia.Proses penggalian lubang terdalam dunia di Rusia. Foto: (pechenga.ru)

4. AS adalah yang pertama menggali di akhir 1950-an. Organisasi American Miscellaneous Society menggeber Project Moonhole. Tapi mereka bukan menggali di tanah, melainkan bawah lautan Pasifik di Guadalupe, Meksiko. Tahun 1990, German Continental Deep Drilling Program (KTB) dimulai di Jerman, yang berhasil menggali sampai 9 kilometer ke bawah tanah.

5. Penggalian lubang terdalam dunia itu tak sia-sia. Ditemukan air di kedalaman tersebut yang sebelumnya dianggap tidak mungkin. Sekitar 7 kilometer di bawah, ada fosil mikroskopis dari 24 spesies. Mereka juga mengakses bebatuan purba berusia sekitar 2,7 miliar tahun.

Halaman selanjutnya: mesin pengeboran



Simak Video "Tokopedia Tawarkan 2 Program untuk Peserta Program Kampus Merdeka"
[Gambas:Video 20detik]