Lubang Raksasa Misterius Sedalam 50 Meter Muncul di Siberia

Lubang Raksasa Misterius Sedalam 50 Meter Muncul di Siberia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 04 Sep 2020 07:12 WIB
Lubang raksasa
Lubang raksasa baru di Siberia. Foto: Dailymail
Siberia -

Sebuah lubang raksasa ditemukan di Semenanjung Yamal, Siberia, Rusia. Kru televisi tidak sengaja melihatnya saat terbang di area tersebut dan mengabadikannya. Apa yang menyebabkannya?

Ini adalah lubang ke-17 yang ditemukan di kawasan tersebut dan diduga kuat ukurannya merupakan yang paling besar. Menurut ilmuwan, kemunculannya mungkin disebabkan permafrost atau lapisan tanah beku yang meleleh.

Melelehnya permafrost bersamaan dengan mengembangnya gas methana membuat gundukan tanah berlapis es itu kolaps dan terbentuklah sinkhole tersebut. Adapun teori liar menyebutnya sebagai akibat dari tabrakan meteor, uji coba senjata atau ulah alien.

Ilmuwan sejauh ini masih belum dapat memastikan apakah penyebab yang sebenarnya. Fenomena lubang raksasa ini pertama kali ditemukan pada tahun 2014. Selanjutnya, ditemukan lagi beberapa lubang besar dengan pola dan ukuran kurang lebih serupa.

"Obyek ini memang unik, membawa banyak informasi sains baru yang belum siap saya ungkapkan untuk saat ini," kata Vasily Bogoyavlensky, ilmuwan dari Russian Oil and Gas Research Institute yang dikutip detikINET dari Newsweek.

Sebelumnya, Vasily pernah meyakini lubang itu tercipta dipicu perubahan iklim dan aktivitas manusia. Semenanjung Yamal merupakan ladang gas alam terbesar di Rusia yang sering ditambang. Gas alam yang berasal dari tempat ini merupakan sumber utama pemanas di Eropa saat musim dingin.

Dibandingkan sebelumnya, temuan baru ini dinilai lebih masif. "Ini merupakan bukti sebuah kekuatan kolosal dari alam yang mampu menciptakan obyek semacam itu," cetus Evgeny Chuvilin, periset di Skolkovo Institute of Science and Technology.

Fenomena tersebut terjadi begitu cepat dan di tempat terpencil sehingga cukup susah diteliti oleh para ilmuwan. Terlebih kemudian, lubang raksasa tersebut berubah pula menjadi danau yang semakin mempersulit risetnya.



Simak Video "Lubang Raksasa di Meksiko Meluas, Mulai 'Telan' Rumah Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)