Eropa Akan Jelajahi Gua di Bulan

Eropa Akan Jelajahi Gua di Bulan

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 25 Mar 2021 18:45 WIB
China dan Rusia sepakat bangun stasiun luar angkasa di bulan, bisa digunakan negara-negara lain.
Eropa Akan Jelajahi Gua di Bulan. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Menjelajah Bulan bukan perkara mudah, karena benda langit memiliki lingkungan yang tidak bersahabat. Eropa pun terpikir untuk membuat robot otonom untuk menjelajahi gua-gua di Bulan.

European Space Agency (ESA) meyakini lokasi teraman bagi pemukim bisa jadi berada di bawah permukaan Bulan. Mereka juga percaya gua di bulan dapat memberikan perlindungan dari radiasi, mikrometeorit, suhu ekstrem, dan bahkan mungkin akses ke endapan es air.

Dengan latar belakang tersebut, badan antariksa Eropa ini mengembangkan dan menguji robot otonom yang diharapkan akan memberikan wawasan baru tentang kondisi di dalam gua di Bulan.

DAEDALUS demikian nama robot otonom tersebut, berwujud bola berukuran 46 cm. Bola ini akan diturunkan ke dalam mulut gua dari tali penambat yang panjang dan kemudian menggunakan kekuatannya sendiri untuk berguling.

robot bulanDAEDALUS dirancang untuk bisa menjelajahi gua di Bulan. Foto: ESA

Tali penambat juga akan berfungsi sebagai penerima WiFi yang mengirim kembali data yang dikumpulkan DAEDALUS. Kamera dan sensor yang dipasang di robot penjelajah ini kemudian akan memetakan interior gua, mempelajari lingkungan, dan mencari endapan es.

"Desainnya didorong oleh kebutuhan untuk mengamati sekeliling secara 360 derajat dan untuk melindungi interior robot dari lingkungan Bulan yang keras. Dengan kamera yang bertindak sebagai sistem penglihatan stereo dan pengukuran jarak laser, bola akan mendeteksi rintangan selama turun dan bernavigasi secara mandiri saat mencapai dasar," kata salah satu anggota tim pengembangan DAEDALUS Dorit Borrmann seperti dikutip dari The Next Web.

Saat ini, perangkat tersebut sedang dikembangkan oleh tim dari Universitas W├╝rzburg, sebagai bagian dari studi ESA dalam eksplorasi gua di Bulan. ESA berharap bisa menemukan sumber daya dan lokasi yang dapat membawa kita lebih dekat untuk membangun pemukiman manusia di Bulan.



Simak Video "Sidang Perdana Gugatan Uni Eropa ke AstraZeneca Digelar 26 Mei"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)