Keren! Foto Mars Resolusi Tinggi Jepretan Wahana China

Keren! Foto Mars Resolusi Tinggi Jepretan Wahana China

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 06 Mar 2021 18:00 WIB
Foto Planet Mars Tianwen-1
Foto resolusi tinggi Mars jepretan Tianwen-1. Foto: CNSA
Beijing -

Tiawen-1, wahana pertama buatan China yang menyambangi Planet Mars, baru saja mengirimkan foto planet itu dalam resolusi tinggi. Tiawen-1 ini sampai di orbit Planet Merah pada 26 Februari silam.

Sebelumnya, sudah ada foto yang dikirimkan olehnya. Akan tetapi foto terbaru yang dibagikan oleh China National Space Administration (CNSA) tampak lebih jernih. Foto yang dikirimkan ini salah satunya berwarna dan dua hitam putih jenis pankromatik.

Seperti dikutip detikINET dari Global Times, foto pankromatik ini diambil oleh kamera definisi tinggi yang ada di Tianwen-1, dijepret saat berada di ketinggian antara 330 sampai 350 kilometer di atas permukaan Mars.

Terlihat daratan Mars dengan cukup detail, termasuk kawah-kawahnya, perbukitan dan fitur permukaan lainnya. Adapun foto warnanya diambil oleh kamera lain, menampakkan wilayah kutub Mars.

Foto Planet Mars Tianwen-1Foto Planet Mars jepretan Tianwen-1. Foto: CNSA

Tidak sekadar lalu lalang di orbit, Tianwen-1 akan mendaratkan rover ke permukaan Planet Merah, menyusul NASA yang telah sukses menurunkan rover robotika Perseverance.

Dalam laporan terbaru, Tianwen-1 telah menyesuaikan posisinya di orbit Mars sehingga bisa lebih leluasa dalam menganalisa permukaan Planet Merah, baik berupa foto maupun data lainnya yang dibutuhkan dalam rangka menentukan titik pendaratan yang paling tepat. Rencananya, jika semua berjalan lancar, pendaratan dilakukan bulan Mei atau Juni mendatang.

Tianwen-1 sekarang sudah berada dalam posisi 'parkir' di orbit dan cukup dekat dengan Mars. Posisi terdekatnya sekarang adalah 280 kilometer dari permukaan.

Dengan posisinya saat ini, maka foto Mars yang direkam oleh Tianwen-1 memang menjadi jauh lebih tajam dibandingkan sebelumnya sehingga mempermudah riset oleh tim yang berada di Bumi.



Simak Video "Punya Antena Raksasa, China Siap Terima Info Rahasia Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)