NASA Sisipkan Pesan Rahasia di Parasut Robot Mars

NASA Sisipkan Pesan Rahasia di Parasut Robot Mars

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 24 Feb 2021 10:00 WIB
Parasut Perseverance NASA
NASA Sisipkan Pesan Rahasia di Parasut Perseverance. Foto: NASA/Screenshot detikINET
Jakarta -

Ada pola yang tidak biasa pada warna merah dan putih di parasut robot penjelajah Perseverance NASA yang mendarat di Mars pekan lalu. Ternyata ini adalah pesan rahasia yang disisipkan NASA.

Maxence Abela, seorang siswa di lembaga ilmu komputer Prancis Epitech dan ayahnya, dengan cepat mengetahuinya. Pesan itu berbunyi "Dare Mighty Things" yang merupakan slogan dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA. Slogan itu menjadi logo tim Perseverance, dan diembos di dinding konsol misi di JPL.

Dikutip dari Cnet, Abela memberikan penjelasan rinci tentang temuannya mengungkap pesan rahasia tersebut. Temuan ini dikonfirmasi oleh ilmuwan Emily Calandrelli dan dibuat menjadi video TikTok yang informatif sekaligus menghibur di bawah ini.


Tak hanya itu, Paul Ramirez dari JPL NASA juga mengungkapkan bahwa ring luar mengungkapkan koordinat GPS untuk markas JPL di Pasadena, California, AS. Ring luar parasut diterjemahkan ke dalam koordinat JPL menjadi: 34 ° 11'58 "LU 118 ° 10'31" W.

Allen Chen selaku Leader of Entry, Descent and Landing with Perseverance mengatakan memang menantang publik untuk mempelajari pesan tersebut ketika konferensi pers tentang pendaratan Perseverance.

"Selain memungkinkan sains yang luar biasa, kami berharap upaya kami di bidang teknik akan menginspirasi orang lain," ujarnya.

"Kadang-kadang kami meninggalkan pesan dalam pekerjaan kami agar orang lain menemukannya untuk tujuan ini, jadi kami mengundang Anda semua untuk memotretnya dan menunjukkan hasil kerja Anda," sambungnya.

Chen menyebutkan, para engineer NASA mungkin telah menempatkan lebih banyak pesan tersembunyi pada robot penjelajah, tak hanya simbol "Dare Mighty Things" di parasut Perseverance.

"Para engineer tidak bisa menahan diri untuk tidak memberikan sedikit sentuhan pribadi ke dalam pekerjaan mereka. Tetapi sebagian besar dari sentuhan dalan kode-kode rahasia ini mungkin tidak diketahui, bahkan oleh saya," ujarnya.

Adam Stelzner, Chief Engineer di Perseverance, mengonfirmasi pesan tersebut melalui akun Twitter.

Dikatakannya, "Dare Mighty Things" bukan satu-satunya pesan unik yang dibawa ke Mars. Semua robot penjelajah NASA yang dikirimkan ke luar angkasa pun disisipi pesan rahasia.

Robot penjelajah Curiosity yang mendarat di Mars pada 2012, memiliki lubang kecil berserakan di sekitar roda aluminium berlubangnya untuk memungkinkan kerikil yang terperangkap di dalam Mars agar bisa keluar.

Lubang ini bertuliskan "JPL" dalam kode Morse. Jadi ketika Curiosity menjelajahi permukaan, "JPL" disegel dalam kode Morse di tanah Mars meskipun segera hilang oleh angin Mars. Kalian bisa mengungkap pesan rahasia lain di robot penjelajah NASA?



Simak Video "Robot Canggih NASA Rekam Suara dari Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)